Seven to 7

Seven to 7 - Sampoerna Strategic Square

7/08/2013 Soya Yanagawa 1 Comments

Semua berawal dari 4 orang wanita yang mempunyai mempunyai kesulitan mendapatkan daging dengan kualitas yang baik untuk keluarganya di daerah tempat tinggal mereka yakni di area Pantai Indah Kapuk.  Karena permasalahan itulah mereka memutuskan pada bulan Desember 2009 untuk membuka sebuah toko yang khusus menjual daging dengan kualitas terbaik di Pantai Indah Kapuk bernama Seven to 7. Keempat wanita itu adalah Ibu Martha, Ibu Lina, Ibu Tris, dan Ibu Pifitri.

Sesuai dengan namanya, toko daging tersebut beroperasi dari jam 7 pagi sampai 7 malam. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tidak sedikit para pelanggan memberi masukkan agar Seven to 7 juga menyediakan jasa memasak daging tersebut. Oleh karena itu, pada bulan Maret 2010, Seven to 7 menyediakan jasa untuk memasak daging-daging tersebut.

Sudah tentu dengan mengubah konsep toko, berarti semakin besar pula tanggung jawab dari keempat wanita tersebut. Akhirnya, mereka bersepakat untuk membagi tugas dan memutuskan Ibu Lina sebagai penanggung jawab dari resep masakan. Sesuai dengan visi pertama mereka yakni menyediakan makanan yang bermutu (sehat) untuk keluarganya, oleh karena itu masakan-masakan tersebut diperhatikan pula kesehatannya.

Berbeda dengan restoran-restoran yang menggunakan koki profesional, Seven to 7 mengaku bahwa semua masakan di tempat ini berasal dari seorang ibu rumah tangga biasa. Menurut saya, sebenarnya yang membuat nilai plus di tempat ini adalah peran “ibu rumah tangga” yang mengetahui selera lidah orang Indonesia, sehatnya hidangan, serta kualitas hidangan yang terjaga, karena menggunakan bahan-bahan yang bermutu.

Ibu Martha juga menjelaskan bahwa mereka menyimpan daging-daging tersebut tidak dibekukan (Frozen) melainkan didinginkan (Chilled). Daging segar yang langsung didinginkan dengan menggunakan lemari pendingin sampai -4°C, membuat bakteri yang menyebabkan keracunan makanan tidak dapat berkembang. Para ahli masak juga merekomendasikan daging yang didinginkan, karena daging tersebut terjaga kesegarannya, dan hasil masakan akan lebih baik daripada yang dibekukan. Hal tersebut dibuktikan bahwa daging yang didinginkan akan memberikan lebih banyak “juice” serta nutrisi daripada yang dibekukan.


Karena suksesnya Seven to 7 di Pantai Indah Kapuk, membuat keempat wanita menjadi semakin percaya diri dengan membuka cabang keduanya di lantai lower ground Sampoerna Strategic Square pada bulan Januari 2012.

Sewaktu Seven to 7 merubah konsep menjadi restoran, hal itu membuat jam buka dari outletnyapun berubah menjadi jam 7.00-21.00. Tetapi, karena alasan pelanggan yang sudah mengetahui nama outletnya, mereka tidak mengubah nama tersebut. Bahkan  arti dari Seven to 7 menjadi lebih bermakna, yakni “sesuatu yang sempurna menuju ke yang lebih sempurna”.

Lokasi Seven to 7 berada di lantai Lower Ground. Untuk menuju ke tempat ini, begitu anda masuk ke lobi utama Sampoerna Strategic Square, anda akan melihat lift yang berada di sebelah kiri lobi tersebut. Anda tinggal menuju lower ground melalui lift tersebut, kemudian telusuri jalan maka anda akan menemukan restoran tersebut.




Suasana pada bagian pintu masuk Seven to 7 memang terlihat seperti restoran biasa. Akan tetapi begitu masuk, anda akan melihat lemari pendingin layaknya took daging yang menampilkan berbagai macam daging yang menarik dan mempesona. Tidak hanya daging, Seven to 7 juga menjual aneka makanan ringan dan lain sebagainya.

Area makan di tempat ini terbagi menjadi dua bagian. Area untuk anda yang merokok, terpisahkan oleh pintu kecil di bagian dalam.

Menu yang ditawarkan oleh seven to 7 ini tidak hanya berupa steak saja. Mereka juga menyajikan menu breakfast seperti omelet, serta makanan lain seperti sandwich, pasta, shabu-shabu, yakinku dan lainnya. Keunikan lain dari rumah makan ini adalah, kita bisa memilih sendiri daging apa yang akan kita makan kemudian di grill. Setelah memilih jenis daging dengan berat 200gr, maka harga dari daging itu tersebut dijumlahkan dengan IDR 60,000 untuk biaya pengolahan. Biaya tersebut sudah termasuk: Soup + Salad + Dressing sauce + dessert.

Minuman-minuman di Seven to 7 juga sangat bervariasi.


ICE ORANGE SQUASH IDR 29,700
Minuman yang penuh dengan potongan buah ini cukup menyegarkan dan terlihat begitu cantik. Sangat cocok diminum untuk teman steak dan untuk menghilangkan haus dan dahaga. Karena ada berbagai macam buah segar di dalamnya, memberikan tekstur yag membuat minuman ini lebih menyenangkan.








FRESH JUICES IDR 25,700
Fresh Juice yang ditawarkan oleh Seven to 7 ini cukup bervariatif. Keunikan yang ditawarkan oleh Seven to 7  ini, mereka menawarkan mix juice yang berupa campuran 2 atau 3 jenis buah. Pada kali ini teman kami memesan Guava orange.

"Create your own mix fruit" juga ditawarkan oleh Seven to 7.  Kita bisa mencampur buah-buah kegemaran kita menjadi satu minuman yang menyegarkan. Selain double mix, Seven to 7 juga menawarkan Tripple Mix seharga IDR. Jadi kita bisa semakin leluasa untuk memadupadankan buah-buah yang kita sukai.


ITALIAN SODA IDR 29,700
Italian soda adalah salah satu minuman signature dari Seven to 7. Minuman ini berupa soda yang dicampur dengan sirup buah dan ditambahkan potongan buahnya di dalamnya. Italian Soda ini tersedia beberapa varian, yakni Blackcurrant, Peach, Lychee dan Strawberry. Ditambah dengan soda dan es batu, membuat minuman ini menjadi sangat lezat dan menyegarkan.



Hot Chocolate IDR 22,700
Sebuah minuman yang manis dan digemari banyak orang ini cukup sederhana namun cantik. Minuman yang cocok diminum ketika cuaca sedang dingin-dinginnya ini juga sangat pas diminum untuk menemaniwaktu santai kita di Seven to 7.









ICE STRAWBERRY BLENDED IDR 29,700
Sesuai dengan namanya, minuman ini adalah minuman ice blended dengan rasa strawberry yang manis dan khas. Warnanya yang cantik itupun dipercantik lagi dengan whiped cream, kue OREO dan kue seperti ASTOR. Rasanyapun seperti penampilannya, manis dan menyegarkan.









Ice Mocha Blended IDR 29,7000
Minuman dingin yang menjadi pilihanku adalah minuman yang menggunakan bahan dasar kopi, yakni Ice Mocha Blended. Penampilannya cukup sederhana ketimbang Ice Strawberry Blended. Tetapi rasanya tidaklah sederhana. rasa susu, kopi dan coklat tercampur dengan sempurna di dalam ice blended-nya. Minuman yang cocok diminum ketika anda sedang bersantai ataupun teman anda dalam menikmati makanan di Seven to 7  ini.





Saya sungguh dimanjakan oleh Seven to 7. Makanan demi makanan, datang tidak berhenti. Kemudian yang paling berkesan adalah Ibu Martha yang dengan sabar dan lancar menjelaskan makanan tersebut satu persatu. 

Mushroom Soup IDR 22,700
Creammy soup made from fresh mushroom

Pada menu pembuka, saya sempat mencoba sup yang terkenal dari Seven to 7 ini. Ibu Martha juga mengatakan bahwa sup inilah yang menjadi best seller di tempat ini, Bahkan beliau juga sempat menceritakan, banyak sekali pengunjung yang mengetahui bahwa sup jamurnya sedang tidak ada, maka mereka batal makan di tempat ini. Memang, pada beberapa waktu yang lalu sempat kesulitan untuk mendapatkan jamur yang dipakai di sup ini. Jenis jamur itu adalah jamus Champignon.

Begitu mencicipi sup krim jamur ini, satu yang langsung terbayangkan adalah masakan rumah. Entah kenapa berpikir seperti itu, padahal ibu saya belum pernah memasakkan sup krim jamur sekalipun. Rasanya yang lezat, wanginya yang harum dan kekentalannya yang pas, tidak heran membuat sup ini menjadi sangat terkenal dan digemari oleh banyak orang.


Mix Salad IDR 22,700
A plate of lettuce, tomato, cucumber, paprika, corn kernel, and honey mustard dressing/Balsamic dressing

Salad yang disajikan Seven to 7 ini sangatlah segar. Terasa begitu kita mengunyahnya, kerenyahan sayuran baru langsung terasa. Ditambah dengan dressing sauce yang bisa kita pilih antara Honey mustard atau vinegar. Sesuai namanya, Honey mustard menggunakan mustard yang dicampur dengan madu, alhasil rasa dressing ini asam dan manis. Sedangkan untuk Vinegar menggunakan cuka, sehingga rasa segar dan asam langsung terasa. 

banyak dari teman saya yang menyukai honey mustard dressing, sedangkan aku lebih menyukai vinegar dressing. Hal ini dikarenakan dressing sauce ini menambah kesegaran dari sayur-sayurannya. Kemudian vinegar dressing ini sangat cocok untuk makanan pembuka bagi anda yang hendak makan makanan berat yang gurih seperti steak.

MIX SAUSAGE IDR 59,700
Mix Sausage ini berupa satu buah bockwurst mix sausage dan sepasang beef cocktail yang disajikan bersamaan dengan french fries dan mix salad. Bockwurst mempunyai aroma asap yang rendah dengan rasa rempah yang tidak terlalu menyengat, sedangkan untuk beef cocktailnya wangi asapnya sangat terasa.

Bagi anda penyuka sosis, menu ini dapat menjadi pilihan anda, atau sebagai alternatif jika anda sedang bosan dengan daging yang biasa.




CHICKEN STEAK IDR 79,700
Seven to 7 memang memanjakan lidah para pengunjungnya. Chicken steak yang disajikan oleh Seven to 7 ini juga tidak boleh sampai ketinggalan. Daging fillet tanpa tulang Ayam yang dibakar ini diberi bumbu yang melekat sampai ke dalamnya. Disajikan dengan potongan sayur dan kentang, membuat acara makan kami menjadi istimewa.








GRILLED SNAPPER IDR 97,700
Snapper fish (ikan kakap) yang di-grill ini mempunyai aroma yang menakjubkan. wangi dari pembakaran dan bumbu membuat ikan ini menjadi tidak amis bahkan semakin menambah selera. Disajikan dengan potongan segar wortel dan buncis, kentang yang bisa kita pilih antara masshed potato atau french fries, dan saus tartar yang lembut.

Saus tartar memang biasa disajikan untuk makanan hasil laut. Biasanya, saus ini menggunakan cuka yang asam, sehingga menetralisir amis dari hidangan laut. Kemudian pada saus tartar Seven to 7 ini ada rasa bawang putihnya, jadi membuat ikan ini semakin lezat dan penuh dengan citarasa.




BURGER PATTIES ALA SEVEN TO 7 IDR 52,700
Burger atau biasa kita kenal dengan sebutan patty ini terbuat dari bagian knuckle sapi, ditambah dengan tepung dan roti sehingga bisa melekat dan menjadi lebih renyah. Keunikan dari burger Seven to 7 ini, burgernya lembut sekali, bahkan fragile. Sehingga tanpa perlu mengunyah terlalu banyak daging ini bagai hancur dan menyebarkan rasa gurih dan lezat di mulut.

Burger ini disajikan bersama dengan mix salad, mashed potato dan nachos. Dengan dressing barbecue sauce yang manis gurih membuat burgee ini semakin terasa istimewa.



LAMB CHOP IDR -- (Belum tercatat)

Tiga buah lamb chop yang di grill dan dibuat menjadi menara ini adalah menu baru di Seven to 7 ini. Setahu saya lamb chop ini termasuk jarang disediakan di Jakarta, dan cukup sulit untuk memasaknya. Tetapi, karena rasanya yang unik dan kelembutannya yang menggoda, akhirnya Seven to 7  berencana untuk menyajikan hidangan ini di daftar menunya.







Jujur, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan sewaktu datang ke Seven to 7 ini. Ternyata, pembagian dari jenis daging sapi terlihat dari "marble" pada dagingnya. Oleh karena itu pembagiannya biasanya dibagi menurut dengan perlakuan dan jenis sapinya.




Grass Feed Beef 
IDR 31,700/100gr - Rib Eye
IDR 48,700/100gr - Tenderloin

Grass Feed Beef ini adalah jenis sapi yang tersebar di seluruh dunia. Daging sapi ini berasal dari sapi yang makanannya adalah rumput


US Angus Beef
IDR 48,700/100gr Sirloin
IDR 58,700/100gr Rib Eye
IDR 61,700/100gr Tenderloin
IDR 75,700/100gr Rib Eye 300 days

Perlu diketahui, walau menggunakan US di depan namanya, sebenarnya sapi yang berwarna hitam dan berkasta tinggi ini berasal dari Skotlandia. Hanya saja pada tahun 1870an, sapi jenis Angus ini dibawa masuk ke Amerika dan menjadi lebih terkenal. Seven to 7 menyediakan Angus Steak yang diberi makan biji-bijian. Dinamakan 150 - 300 days, karena sebelum waktu "pemotongan", sapi hanya diberi makan biji-bijian (Grain Feed Beef) selama 150 - 300 harinya.

Daging Angus Ribeye ini bisa dikatakan cukup istimewa. Dagingnya lembut dan sangat empuk. Ibu Martha mengatakan, jika disuruh pilih antara sirloin wagyu level 4 dengan rib eye Angus 300days, beliau akan memilih rib eye ini. Dikarenakan kelembutan dan keempukan dari daging ini setara namun harganya lebih terjangkau.

(gambar US Angus Rib eye 300 days)







Organic Beef
IDR 35,700/100gr Sirloin
IDR 38,700/100gr Rib Eye
IDR 51,700/100gr Tenderloin


Daging sapi Organik ini adalah sapi yang sama sekali tidak diberi dengan suntikan hormon, antibiotik dan lain sebagainya. Disebut Organik karena sapi ini tidak dikontaminasi dengan bahan-bahan kimia. Makanan dari sapi-sapi inipun dijaga, mereka tidak makan makanan yang menggunakan pestisida dan sebagainya, sehingga sapi ini selalu sehat dan bebas bahan kimia. (Gambar Organic Beef Tenderloin)







Wagyu
Grade 4
IDR   82,700/100gr Sirloin
IDR   96,700/100gr Rib Eye
IDR 123,700/100gr Tenderloin
Grade 6
IDR 107,000/100gr Sirloin
IDR 125,700/100gr Rib Eye
IDR 157,700/100gr Tenderloin
Grade 9
IDR 159,700/100gr Sirloin
IDR 161,700/100gr Rib Eye
IDR 195,700/100gr Tenderloin

Wagyu memang berasal dari Jepang. Berasal dari kata "Wa" yang berarti Jepang dan "Gyu" anak sapi. Sapi dari Wagyu ini selalu dimanja dan dijadikan seperti raja. Sapi ini tidak diperbolehkan dipekerjakan, hal ini supaya menghindari berubahnya daging menjadi otot. Sebenarnya, jenis daging jika di lihat dari marble nya, dibedakan menjadi 12 kelas. Sedangkan yang diakui sebagai kelas wagyu antara kelas 4-12. Semakin besar angkanya, semakin cantik pula marble yang terlihat di dagingnya. Selain dari penampilannya, tekstur dari daging wagyu juga terlihat berbeda dari daging jenis lain. Daging ini mempunyai tekstur yang lembut.

Beberapa jenis wagyu memang diberi minuman seperti wine atau bir. Akan tetapi, Seven to 7 menjual daging yang "HALAL" dikarenakan mereka mengambil sapi yang diberi minum "lemon tea". Ibu Martha juga dengan tersenyum bangga mengatakan bahwa mereka bersedia memperlihatkan sertifikat "Halal" tersebut jika diminta.
(Gambar Wagyu Level 6 Sirloin)







WATSUZAKA BEEF IDR 317,700 / 100gr
Daging yang menjadi pemenang pada makan malam kali itu adalah sebuah daging yang sangat istimewa bernama Watsuzaka. Dengan dibandrol seharga 317,700 per 100gr nya, daging ini menjadi daging paling mahal di Seven to 7 ini.

Baru kali ini saya mencicipi daging yang lumer di dalam mulut. Begitu lembut dan sangat lezat tak dipungkiri, ini adalah daging yang paling lezat kumakan seumur hidup.










Semua steak yang disajikan oleh Seven to 7  ini diletakkan juga kentang dan sayuran segar. Kemudian untuk dressing sauce nya, Seven to 7  menyediakan 3 macam jenis yakni:

Mushroom sauce
Berbeda dengan saus jamur di lain tempat, warna dari saus di Seven to 7  ini terlihat sedikit lebih berarna coklat. Hal ini dikarenakan Seven to 7 menggunakan jamur champignon yang segar, bukan kalengan. Rasanya lembut dan creammy, sedikit gurih dan membuat tidak akan melupakan saus dressing yang satu ini. Saus dressing ini merupakan saus yang paling banyak dipesan, karena Seven to 7 sudah terkenal akan sup jamurnya yang membuat ketagihan.

Barbecue Sauce
Barbecue Sauce yang menjadi favoritku ini mempunyai rasa yang kaya. Ada rasa manis dan gurih serta teksturnya yang kental membuat rasa dari saus ini menyatu dengan baik di daging.

Black Pepper Sauce
Saus dengan rasa gurih dan pedas dari merica hitam ini juga cukup menarik dan lezat. Mempunyai aroma yang khas dari lada membuat makanan menjadi lebih harum dan lezat.

MANGGO PUDDING IDR 12,700
Puding Mangga dari Seven to 7 ini memang ukurannya cukup mungil. Puding tersebut berwarna kuning cerah dan di atasnya diletakkan saus santannya. Sebenarnya rasanya cukup lezat, hanya saja karena porsinya yang terlalu imut, mungkin untuk harga 12,700 sedikit terlalu mahal.








BROWNIES SPECIAL IDR 29,700
Potongan-potongan kue brownies yang berbentuk dadu itu dicampur dengan potongan mangga yang berbentuk dadu pula. Kemudian disiram dengan Tia Maria yang merupakan campuran Jamaican Rum dan Coffee membuat brownies ini terasa special. Tetapi tidak hanya itu, terakhir Seven to 7 melengkapi makanan penutup ini dengan satu scoop vanilla Ice cream.







Sepertinya sekian review saya dari Seven to 7 di Lantai LG Sampoerna Strategic Square. Sampai berjumpa di review selanjutnya!


Face book | Twitter | Instagram | Linkedin |

You Might Also Like

1 comment:

  1. YoBit enables you to claim FREE CRYPTO-COINS from over 100 unique crypto-currencies, you complete a captcha one time and claim as many as coins you want from the available offers.

    After you make about 20-30 claims, you complete the captcha and continue claiming.

    You can press CLAIM as much as 50 times per one captcha.

    The coins will stored in your account, and you can exchange them to Bitcoins or USD.

    ReplyDelete