LIN Artisan Ice Cream

LIN Artisan Ice Cream - Kemang

7/17/2013 Soya Yanagawa 4 Comments


Walau baru dibuka pada tanggal 20 Juni 2013 kemarin, nama LIN Artisan Ice Cream sudah lumayan bergaung di telinga banyak orang. Sebenarnya apa sih yang membedakan LIN Artisan Ice Cream dengan tempat Ice Cream lainnya? Sesuai dengan namanya, LIN Artisan Ice Cream ini adalah es krim yang dibuat dengan Liquid Nitrogen. Keistimewaannya adalah begitu anda memesan, es krim yang anda pilih akan langsung dibuat.


Lokasi LIN Artisan Ice Cream berada di Jl. Taman Kemang 1 No. 6. Tidak sulit menemukan tempat ini, karena tempat ini cukup eye catching dengan tulisan slogannya yang berbunyi “I Scream Ice Cream” yang tertulis di jendela depan LIN Artisan Ice Cream ini.

Sayang sekali sewaktu saya kemari, saya tidak dapat bertemu dengan Ibu Astrid H. W. sang pemilik tempat ini. Tetapi Ibu Astrid sempat mengatakan bahwa LIN Artisan Ice Cream adalah yang pertama di Indonesia yang memperkenalkan pembuatan es krim dengan Liquit Nitro. Teknik pembuatan es krim ini dipelajari dari Itali yang merupakan Negara yang terkenal akan penemu Es Krim. Ibu Astrid juga menambahkan bahwa proses pembuatan tersebut tidak berbahaya pada tubuh, karena Nitrogen cair adalah salah satu dari pendingin yang dapat kontak langsung dengan bahan pangan tanpa menyebabkan efek samping.

Kenapa memproses dengan nitrogen cair? Karena jika kita membuat es dengan membekukannya di lemari pendingin, biasanya akan terdapat butiran es yang terbentuk dari air yang membeku. Hal inilah yang menjadikan LIN Artisan Ice Cream menghasilkan es krim yang sangat segar dan lembut. Terlebih lagi, semua bahan yang dipakai adalah bahan segar dan bernutrisi.







LIN Artisan Ice Cream menyebut desain arsitekturnya dengan nuansa raw modern. Sebenarnya cukup unik, karena begitu kita memasuki ruangan LIN Artisan Ice Cream ini, kita tidak merasa seperti sedang berada di toko ice cream, melainkan sebuah laboratorium. Karena terdapat meja dengan pembatas kaca, yang membatasi "dapur" pembuatan LIN Artisan Ice Cream.

LIN Artisan Ice Cream terbagi menjadi dua area tempat bersantai, yakni indoor dan outdoor. Pada bagian dalamnya, terlihat rak-rak kayu yang terdapat berbagai majalan dan hiasan-hiasan cantik seperti tanaman-tanaman hijau di wadah-wadah yang terbuat dari gelas. Berhubung Ibu Astrid adalah pemilik yang sama dengan Papabubble Caramel Artisan yang dibuka di Grand Indonesia, maka beberapa hiasan berupa display dari produk yang dibuat oleh Papabubble Caramel Artisan tersebut.

Untuk bagian outdoornya, property yang digunakan terlihat lebih unik dan antik. Meja dan kursi yang antic dan cantikpun membuat suasana di outdoor ini menjadi sangat nyaman, menarik dan pastinya menyenangkan.

Menu yang ditawarkan oleh LIN Artisan Ice Cream ini tidak hanya berupa es krim saja. Tetapi mereka juga menyediakan berbagai makanan ringan serta produk minuman seperti kopi dari Javabika. Oleh karena itu, suasana nongkrong, pertemuan bisnis ataupun santai anda akan lebih berwarna dan menyenangkan.

Secara garis besar, produk es krim dari LIN Artisan Ice Cream ini terbagi menjadi dua jenis, yakni gelato yang terbuat dari campuran susu dank rim, serta Sorbet yang terbuat dari bahan-bahan yang segar (biasanya buah-buahan, tanpa campuran susu dan krim)









Sesuatu yang menjadi daya tarik tersendiri dari LIN Artisan Ice Cream ini, adalah kita bisa melihat proses pembuatan es krim secara langsung. Pertama-tama campuran dari es krim dibuat begitu pesanan masuk. Kemudian dimasukkan kedalam pengaduk adonan dan mesin dinyalakan. Setelah beberapa saat setelah adonan teraduk merata, barulah saat yang paling seru terlihat. Nitrogen cair dimasukkan ke dalam pengaduk tersebut dan mulai terlihat kabut dingin putih keluar dari alat pengaduk tersebut.setelah beberapa saat, adonan menjadi padat dan beku. Atraksi inilah yang cukup membuat kagum dan saya pun terkesima. Dalam satu tangki besar yang berisi 50 liter, dapat menyajikan 70-73 porsi Ice cream. 

Ternyata, pelatihan memproduksi ini tidaklah segampang itu. Terlihat dari penggunaan sarung tangan dan google untuk keamanan. Kemudian para pekerja di tempat inipun mendapat pelatihan selama sebulan untuk dapat menguasai pengolahan ini.




ULTIMATE CHOCOLATE  IDR 39,000
Berbeda dengan es krim coklat lainnya yang terasa sangat manis, ultimate coklat dari LIN Artisan Ice Cream ini sangat pas manisnya. Bahkan karena terbuat dari bubuk coklat dan susu, maka rasa coklatnya sangat terasa dan memberikan rasa khas coklat yang sedikit pahit. Tekstur es krimnya yang lembut ini memperkuat rasa dan kelezatan yang ditawarkan oleh Ultimate Chocolate dari LIN Artisan Ice Cream.




RUM RAISIN IDR 69,000
Es krim yang termasuk dalam keluarga gelato ini, terbuat dari susu dan krim yang juga dimasukkan dengan rum dan raisin yang melimpah. Perpaduan rasa dari susu yang lembut, wangi yang memikat dari rum ditambah dengan tekstur dari kismis itu sendiri, memberikan rasa yang cukup kompleks namun memikat hati. Tidak salah jika Rum Raisin ini menjadi gelato yang terfavorit dari banyak pengunjung.




MERRY STRAWBERRY SORBET IDR 39,000
Es krim pertama yang dipilih dari keluarga sorbet adalah Merry Strawberry Sorbet. Yang sangat membedakan sorbet dari LIN Artisan Ice Cream dengan sorbet di tempat lain adalah dari teksturnya. Baru kali ini saya mencicipi sorbet dengan tekstur selembut ini. Ditambah dengan rasa segar dari strawberry segar membuat sorbet ini menjadi sangat istimewa dan sulit untuk ditolak.



LEMON SORBET IDR 39,000
Sorbet yang menjadi favoritku jatuh pada Lemon Sorbet. Dengan warna putih cerah yang sangat anggun ini cukup membuat saya terkejut akan rasanya. Tekstur yang sangat lembut dan rasanya yang sensasional menyegarkan itu akan mewarnai hari anda semakin cerah dan indah.





AFFOGATO IDR 62,000
Seperti yang kita ketahui, affogato adalah sebuah hidangan yang berupa satu es krim vanilla yang dituang dengan satu shot espresso. Yang membuat affogato di LIN Artisan Ice Cream berbeda dari tempat lain adalah dari es krimnya yang segar. Memang, pada es krimnya tidak sebersih es krim vanilla yang biasa kita cicipi. Hal ini dikarenakan vanilla yang dipakai adalah vanilla asli dan bukan sekedar esens. Ditambah dengan espresso dari javabika yang mantap membuat hidangan ini terasa sangat mewah dan menyenangkan.




HOMEMADE WAFFLE WITH MAPLE SYRUP IDR 20,000
Selain Es krim, ternyata LIN Artisan Ice Cream juga menyajikan makanan berupa Waffle. Waffle yang berwarna coklat keemasan ini terlinat sangat cantik diletakkan di piring biru. Ditambah dengan aksen hijau dari garnishnya membuat waffle sederhana ini menjadi sangat cantik.

Tekstur yang renyah dibagian luar dan lembut di dalamnya memberikan pesona tersendiri yang sangat menggoda. Ditambah dengan Maple syrup yang pas membuat waffle ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.




FRENCH FRIES IDR 29,000
Memang LIN Artisan Ice Cream memanjakan setiap pengunjung yang datang. Demi menciptakan suasana nongkrong yang menyenangkan, LIN Artisan Ice Cream juga menyajikan makanan ringan seperti French Fries. Kentang yang digoreng sampai berwarna coklat kekuningan ini sangatlah menggiurkan. Karena bentuknya yang tebal-tebal, membuat teksturnya sangat kaya, karena renyah di luar dan lembut di dalam. Kegurihan yang cukup membuat snack ini menjadi santapan yang tepat untuk menyemarakkan suasana anda.



PRAWN BALLS & SQUID BALLS  IDR 22,000
Snack berikut ini cukup unik, karena berupa bakso udang dan bakso cumi yang digoreng. Perpaduan kedua warna bakso ini membuat penampilannya juga sangat cantik dan menggiurkan. Rasa udang dan cumi yang lezat membuat kita tidak sabar untuk menghabiskannya secepat mungkin.



CHICKEN NUGGET IDR 22,000
Chicken Nugget yang disajikan oleh LIN Artisan Ice Cream ini juga jangan sampai dilewatkan. Rasa gurih, kerenyahan bagiak luar dan lembut di dalam akan menjadikan acara santai anda menjadi lebih meriah dan menyenangkan.



ICE COFFEE IDR 28,000
Ice Coffee dari Javabika ini sangat cocok diminum dikala kita sedang mengantuk atau di saat cuaca sedang panas-panasnya. Campuran dari kopi, gula dan susu yang tercampur dengan sempurna ini memberikan sensasi yang sangat menyenangkan dan menyegarkan. Rasanya yang tidak  terlalu manis membuat minuman ini juga menjadi favorit bagi para pecinta minuman dingin




ICE MOCHA IDR 28,000
Yang membedakan minuman ini dengan Ice Coffee di atas adalah warnanya yang lebih gelap. Hal ini dikarenakan adanya campuran coklat di dalamnya. Rasanya sangat memanjakan lidah dan membuat kita merasa sayang untuk segera dihabiskan. Sepertinya hendak diminum secara perlahan sambil beristirahat dari perjalanan yang melelahkan tadi, sekaligus memberi semangat dan energy untuk menempuh perjalanan pulang.



Sebuah tempat yang sangat menyenangkan dan memanjakan kita dengan santapan-santapan yang lezat dan berkesan, membuat kita ingin datang kembali lagi dan lagi.

LIN Artisan Ice Cream
Jl. Taman Kemang 1 No. 6
Jakarta Selatan, 12730

T. +62 21 7179 4393

Facebook: linartisanicecream
Twitter: @linicecream

Sepertinya, sekian review saya dari LIN Artisan Ice Cream di Kemang. Sampai berjumpa di review selanjutnya!



Face book | Twitter | Instagram | Linkedin | 

You Might Also Like

4 comments:

  1. Replies
    1. Aku malah suka si Bakso udang dan bakso cumi... :D

      Thanks Andriani a.k.a Ika
      (btw bahasa jepang cumi2 itu = ika, loh.. serius..)

      Delete
    2. I know what Ika means in Japanese... kaga perlu disebut disini juga kaleee.. hiksss

      Delete
  2. I like ice cream .. saya juga penggemar ice cream gan :D

    btw, ice creamnya bisa kamu upload disini qraved.com

    ReplyDelete