Le Gran Café

Le Gran Café - Gran Mahakam

7/26/2013 Soya Yanagawa 4 Comments

Sewaktu saya masuk ke dalam Hotel Gran Mahakam, kesemrawutan Jakarta terasa hilang dan tidak terasa sama sekali. Semuanya berubah menjadi sebuah suasana yang sangat elegan, tenang dan teduh. Dengan gaya arsitektur Eropa yang indah dan atensi pada detail di setiap sudutnya, membuat tempat ini seakan berbicara, tidak perlu bangunan yang besar untuk memberikan kemewahan.

Boutique Hotel bintang 5 ini mempunyai 158 kamar yang telah di furnish begitu indahnya. Kita bisa menikmati kehangatan dan kenyaman layaknya di rumah sahabat, dengan fasilitas yang memanjakan. Begitu kita check in, sebuah minuman yang menghilangkan kepenatan dan dahaga langsung disajikan. Kolam renang dan pusat kebugaran juga setia menunggu untuk digunakan.

Pertemuan saya dengan Ibu Debby Setiawaty selaku Director of Public Relations Hotel Gran Mahakam adalah pengalaman saya yang sangat istimewa. Dengan gaya bicaranya yang santun dan senyumannya yang bersahabat, beliau menjawab berbagai pertanyaan yang kami ajukan. Beliau menjelaskan berbagai promo yang diadakan oleh Hotel Gran Mahakam ini. 

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di sini.

Debby juga menceritakan berbagai pengalamannya di berbagai tempat. Beliau mengatakan, bahwa hotel-hotel yang bagus di daerah Eropa, tidak mempunyai fisik yang besar. Bangunannya tidaklah terlalu besar, tetapi cukup memuat banyak pengunjung. Keistimewaan dari hotel-hotel tersebut adalah dari keindahan dan pelayanan hotelnya. Oleh karena itu, Gran Mahakam juga mengutamakan servis yang akan memanjakan para pengunjungnya. Terbukti dari sapaan mereka bukanlah sekedar “welcome”, akan tetapi mereka menyapanya dengan “Welcome Home”. Hal inilah yang membuat Hotel Gran Mahakam ini mempunyai banyak sekali pelanggan yang setia.



         



Le Gran Café dari Hotel Gran Mahakam inilah yang menjadi tempat kami berbincang-bincang pada malam itu. Suasana cantik yang disajikan di tempat ini membuat suasana makan malam itu menjadi sangat spesial. Debby sempat mengatakan, bahwa perhatiannya terhadap detail, membuat berbagai majalah mengakui bahwa di setiap sudut Hotel Gran Mahakam ini sangatlah fotogenik. Perlu diketahui, bunga-bunga yang dipakai semuanya adalah bunga asli yang diimport, hal ini menandakan keseriusan Gran Mahakam untuk tetap menjaga keindahan tempat ini.







Berbagai makanan segar sudah siap kita ambil sendiri. Tersedia salad-salad yang segar dengan berbagai dressing yang menggiurkan, sushi sashimi yang cantik dan tertata dengan sangat rapih, jus buah yang juga sangat menarik, serta masakan-masakan lainnya. Untuk beberapa item, memang Le Gran Café hanya meletakkan satu makanannya. Jangan takut kehabisan, karena makanan itu hanyalah display atau contoh makanannya. Karena, beberapa makanan akan lebih lezat tersaji ketika baru saja dimasak atau di buat.

Berhubung sedang menyambut puasa, pada salah satu sudut, sengaja diletakkan berbagai menu “Tajil” yang cantik dan menggiurkan. Keunikan dari  Le Gran Café ini adalah, mereka dapat menyajikan berbagai menu “jajanan pasar” dengan sangat cantik dan elegan, kita ambil contoh rujak yang diletakkan di gelas cocktail yang cantik dan masih banyak lagi. Sesuatu yang sangat jarang kita temukan di hotel bintang 5 sekalipun.

Debby sempat bercerita, bahwa Le Gran Café ini juga mempunyai jasa catering. Beliau mengakui, memang untuk harga cateringnya memang di atas dari kebanyakan catering yang ada. Akan tetapi pelayanan, penyajian dan rasanya adalah sesuatu yang layak untuk harga yang ditawarkannya.




Mahakam Beauty IDR 55,000
Mahakam Beauty ini memang terlihat sangat cantik dan menggoda. Sebuah minuman yang menyegarkan yang terbuat dari Mangga ini akan segera menghilangkan haus dan dahaga. Dihiasi dengan sepotong ceri di atas gelasnya membuat minuman ini semakin menggoda dan membuat kita menelan air liur.




Juice Kedondong IDR 55,000
Warna hijau yang cerah yang diletakkan di gelas yang cantik dan dihiasi buah ceri di atasnya ini juga layak dicoba bagi anda pecinta minuman yang asam menyegarkan. Rasa kedondong yang kental akan menggelitik lidah anda dan membuat anda akan merasa segar dan semangat kembali.




Nasi Bali  
Menu pertama yang harus dicoba di Le Gran Café ini adalah Nasi Bali. Nasi yang dibentuk menjadi kerucut dan ditutup dengan daun pisang ini dikelilingi oleh lauk serta sayur yang sangat penuh dengan warna. Sate lilit yang menjadi kebanggaan Le Gran Café ini memang harus diacungi jempol. Dagingnya yang empuk, rasanya yang lezat, dan wangi rempah-rempah yang pas membuat makanan ini HARUS dicoba.





Nasi Liwet
Nasi liwet yang pertama kali saya pikir berasal dari Sunda ini (karena adanya budaya "ngeliwet") ternyata berasal dari Solo. Nasi yang dimasak dengan larutan santan dan kaldu ayam di mempunyai kegurihan yang cukup. Karena, biasanya nasi liwet dimakan bersamaan dengan beberapa masakan pendamping seperti Telur rebus berbumbu, labu siam, dan ayam opor. Tidak lupa juga campuran santan dan telur yang lembut dan menambah gurih dan tekstur pada makanan ini. Rasanya begitu lezat, dan sangat memikat. Nasi liwet ini kita ambil sendiri, dengan berwadahkan anyaman bambu dan daun pisang. Sehingga, rasa yang kita makan didukung dengan penampilannya yang unik dan mempesona.





Soto Mie Mahakam
Memang, setiap restoran hotel pasti mempunyai signature dish yang dibanggakan, dan Le Gran Café ini memang mempunyai keunggulan akan masakan nusantaranya. Pada kali ini adalah Soto Mie Mahakam. Kuahnya yang gurih dan lezat, membuat semua bahan-bahan di makanan in imenjadi menyatu dan menciptakan simfoni yang sangat indah di mulut. 





Tahu Gejrot
Sangat jarang menemukan tahu gejrot di restoran-restoran hotel. Le Gran Café menyediakannya dengan cantik. Walau terlihat sederhana, namun kelembutan tahu dan bumbunya yang lezat ini membuatnya menjadi makanan kelas atas. Tahu gejrot ini memang ada sedikit rasa pedas, tetapi bagi anda pecinta makanan pedas, tahu gejrot ini akan ditambahkan ulekan cabe hijau yang mantap sekali wangi dan pedasnya.





Poncong Kopyor
Bagi anda pecinta Durian, jangan sampai anda melewatkan makanan yang satu ini. Sebuah makanan ringan yang biasa dijual di pasar atau pinggir jalan ini, lagi-lagi disajikan dengan elegan dan cantik oleh Le Gran Café ini. Dengan sausnya yang menggunakan buah durian, semakin membuat makanan ringan ini menjadi dikangenin.




Kue Ape
Kue Ape juga disajikan oleh Le Gran Café ini. Kue sederhana yang dahulu menjadi kegemaranku ini terasa sangat nostalgic disajikan oleh Le Gran Café. Rasa dan wangi pandan yang lezat langsung tercium begitu makanan ini datang setelah baru saja di masak. Warna hijau yang cantik dengan pinggirannya yang terkaramelisasi sempurna membuat jajanan ini terasa lezat dan ingin sekali untuk menambah.




Banana Crepes

Crepes yang satu ini sangat lezat ketika dinimkati selagi masih hangat dan baru dari panggangan. Warna kuning keemasa karena karamelisasinya membuat makanan ini semakin menggugah selera. Rasanya yang manis dengan aroma dan rasa pisang yang khas membuat makanan ini tidak bertahan lama di meja. Teksturnya yang lembut dan haluspun membuat kita ingin lagi dan lagi.








Beef Meat Loaf
Setelah mencicipi semua makanan yang direkomendasikan oleh Ibu Debby, akhirnya kami mulai mencicipi masakan-masakan yang tersedia secara buffet. Salah satu yang menarik perhatian adalah Beef Meat Loaf yang seakan-akan menunggu untuk dicicipi. Dengan sausnya yang kental dan gurih, membuat masakan ini terasa sempurna. Sangat lezat dan sulit untuk dilalui begitu saja.




Lamb Rack in Thyme Juice (Kiri)
Sangat jarang rumah makan yang menyajikan Lamb Rack di daftar menu mereka, ketika mengetahui bahwa Le Gran Café menyediakannya, saya langsung berkata, bahwa saya harus mencobanya. Ternyata, saya merasa beruntung mencicipinya. Dagingnya yang lembut dan rasanya yang lezat akan membuat anda menyesal jika tidak mencobanya.

Parmentier Potato (Atas)
Parmentier Potato ini adalah potongan kentang yang ditumis bersamaan dengan butter dan olive oil yang membuat kentang itu menjadi gurih. Sepertinya pada parmentier potato ini, Le Gran Café menambahkan potongan daun rosemary, sehingga wangi dan rasanya semakin bervariasi. lezat dan cantik karena terdapat pula potongan paprika hijau dan merah yang menambahkan warna pada masakan ini.

Chicken Supreme (Kanan)
Masakan ayam yang satu ini juga jangan dianggap remeh. Dagingnya yang empuk dan bumbunya yang wangi dan gurih menjadikan makanan ini terasa teristimewa. 

Singapore Style Prawn (Bawah)
Udang yang besar-besar ini mempunyai rasa yang manis bercampur gurih. Udang yang dipakai sangatlah terasa segar, karena juicy dan renyah. Dimasak bersamaan dengan kacang polong membuat makanan ini menjadi lebih berwarna.



Chocolate Melt
Cukup terkejut sekaligus gembira, ketika dessert kesukaan saya hadir di tempat ini. Terlebih lagi, makanan ini bisa diambil sepuasnya (Buffet). Chocolate Melt ini alangkah lezatnya jika disajikan bersamaan dengan ice cream. Sehingga rasanya akan sangat lezat dan membuat ketagihan. Tekstur kuenya yang lembut dengan lelehan chocolate di bagian dalamnya, membuat hati menjadi trenyuh begitu memasukkannya ke dalam mulut kita. 




Es Lobi-lobi & Mahakam Lotus Ice
Sajian istimewa dari Le Gran Café sepertinya tidak pernah berhenti. Begitu saya sudah terpesona dengan satu sajian, sajian baru datang dan membuat saya lebih terkesima. Keunikan dari makanan penutup yang satu ini adalah mereka menggunakan wadah yang terbuat dari es batu yang diukir menjadi berbentuk mangkuk.

Es Lobi-lobi yang menjadi favoritku. Berwarna merah yang seksi dan menggoda, kemudian mempunyai rasa yang segar dan lezat. Asamnya pas dan sangat cocok untuk makanan penutup setelah anda makan makanan yang gurih. pearl yang dimasukkan di makanan penutup ini juga selain menambah aksen warna, tetapi juga memberikan variasi tekstur ketika menyantapnya.

Mahakam Lotus Ice juga mempunyai rasa yang unik. dengan biji teratai yang renyah dan rasa manis dari buahnya memberikan rasa yang lezat dan memikat.

Perlu diketahui, Le Gran Café pernah mendapatkan kesempatan untuk menjadi penyaji makanan di sebuah event yang diikuti oleh ± 1,000 orang. Pada event tersebut makanan penutup yang dipesan oleh penyelenggara ada kedua es ini. Tetapi karena keprofesionalan dan ketelitian Le Gran Café, mereka tetap menggunakan es batu berbentuk mangkuk sebagai wadahnya. Itulah yang membuat Le Gran Café ini menjadi bukan hanya restoran melainkan caterer yang sangat profesional.




Es Kopyor Durian
Es Kopyor yang dicampur dengan sirup dan durian di dalamnya ini akan sangat memanjakan mulut, perut dan hati anda. Wangi khas dari durian yang kuat dicampur dengan kelembutan kopyor, membuat makanan ini adalah bukti dari keselarasan yin & yang. Makanan inilah yang menjadi penutup saya pada malam itu. 


Saya sangat berterima kasih oleh Ibu Debby Setiawaty dan Hotel Gran Mahakam yang dengan murah hati memberikan saya dan teman-teman saya untuk berkesempatan mencicipi masakan-masakan itimewa. Alhasil kami merasa overwhelmed karena diberikan hidangan yang menakjubkan secara bertubi-tubi.





Pada waktu saya berada di sana, kakak saya menghubungi saya dan menanyakan restoran hotel mana yang bisa direkomendasikan untuk merayakan ulang tahunnya bersama dengan teman-teman ekspatriat beliau. Tanpa banyak bicara, saya langsung menyarankan tempat ini dan akhirnya, teman-teman dari kakak saya sangat menyukai tempat ini.

Jika anda ingin mengunjungi Le Gran Café ini anda bisa menghubunginya di:

Gran Mahakam Hotel
Jl. Mahakam I No. 6, Blok M
Jakarta 12130

T. +62 720 9966
FaceBook: Gran Mahakam
Twitter: @granmahakam


Sekian review dari saya mengenai sebuah tempat yang cantik dengan hidangan yang lezat nan mempesona di Le Gran Café. Sampai jumpa di review selanjutnya.


 Face book | Twitter | Instagram | Linkedin |

You Might Also Like

4 comments:

  1. Soya, keren banget posting ini. Cakep foto2nya.
    Pengen Nasi Bali-nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh my goodnes Vania, your blog is far more wonderful.... ughh.... harus belajar banyak nih dari Vania

      Delete
  2. Fascinating pics! especially those interior pics and SOTO MIE! I want soto mie rite now!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto Mie?? Aku malah suka tahu gejrotnya..... dan kue Ape nya.... ughhh ngangenin!!

      Delete