Excelso

Excelso - Kota Kasablanka

7/03/2013 Soya Yanagawa 7 Comments






Bagi anda pecinta kopi, mungkin nama dari EXCELSO® bukanlah sesuatu yang baru saja anda dengar. Sebenarnya, Excelso adalah sebuah merek yang bergerak di bisnis pemasaran biji kopi untuk hotel, restoran dan Kafe. Tetapi biji kopi EXCELSO® juga dapat ditemukan di berbagai pasar swalayan yang ternama di Indonesia. Kemudian selain itu, EXCELSO® juga dikenal sebagai coffee shop yang cukup digemari dan terkenal akan keanekaragaman minuman serta makanannya.



Semenjak tahun 1991, EXCELSO® yang berada dalam naungan Kapal Api Global ini sudah berkembang sangat pesat. Sekitar 105 outlet EXCELSO® sudah tersebar di 29 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan sebagainya. EXCELSO® inilah yang melengkapkan keseluruhan ruang bisnis Kapal Api Global dari perkebunan, penggilingan, produk kemasan, distributor sampai ke resto dan café yang menyediakan aneka jenis kopi berkualitas.

Fakta menarik dari kemasan EXCELSO®, mereka menyediakan biji kopi yang sudah di panggang. Hal ini dikarenakan untuk menghapus imaji mengenai kopi yang dicampur dengan jagung (hal ini sering ditemukan jika membeli bubuk kopi di pasar). Selain itu, kualitas dari kopi itu juga akan lebih maksimal jika dinikmati pas setelah biji kopi itu di grind.





| LOCATION

Outlet EXCELSO® yang berada di lantai UG Kota Kasablanka ini menjadi tuan rumah Food Tasting para peblogger makanan di Indonesia (Indonesian Food Blogger) yang diadakan pada hari Sabtu, 30 Juni 2013 kemarin. 

Tidak sulit untuk menemukan lokasi EXCELSO® ini. Lokasi yang strategis karena berada di hoek salah satu area Food Society Kota Kasablanka, membuat tempat ini cukup strategis dan menarik untuk disinggahi. Pada bagian luar, kita bisa melihat outlet EXCELSO® yang menggunakan aksen kayu pada bagian facade-nya.







| ENVIRONMENT

Area makan di EXCELSO® ini terbagi menjadi 2 bagian. Bagian dalam yang diperuntukkan bagi anda yang merokok dan bagian luar yang bebas asap rokok. Pada salah satu dinding di area bagian dalam, EXCELSO® menghiasnya dengan gypsum dan diberi bentuk biji kopi. Perpaduan warna abu-abu, coklat tua dan coklat muda membuat suasana di tempat ini terasa nyaman dan menyenangkan.

Pada dinding lainnya, EXCELSO® menggunakan cermin, sehingga membuat ruangan ini terlihat semakin luas. Beraneka macam meja dan kursi yang tersebar dengan rapih juga memberikan keceriaan jika anda menikmati santapan di tempat ini.

Pada bagian luarnya dipisahkan dengan jendela kaca yang besar. Sehingga memperlihatkan keramahan EXCELSO® untuk mengajak para pengunjung Kota Kasablanka ini mengintip, masuk dan menikmati suasana yang disajikan oleh EXCELSO®.






Dalam mendekor, EXCELSO® terlihat sangat serius akan detail. Terlihat rak kayu yang berada di bagian luar, tempat meletakkan tumbler dan produk kopi yang disajikan. Selain itu pada salah satu tiang strukturnyapun diberi hiasan gantung berupa penggiling kopi yang antik.


| EVENTS




EXCELSO® Cafe terkenal akan minumannya seperti Avocado Coffee, Coffee Float, Mega Mocha Shake, Pearl Drinks and Frappio®. Tetapi dalam satu tahun, EXCELSO® biasanya mengadakan peluncuran promo atau minuman baru yang disesuaikan dengan tema sebanyak 3 sampai 4 kali. Pada kali ini, EXCELSO® menyambut liburan musim panas dengan mempromosikan "Summer Beverages".

Acara yang dibuka oleh Monivia P. (Ivi) selaku PR & Media Relation dan dibina oleh Hanny A. Elvind selaku Marketing Communications Manager PT Excelso Multi Rasa ini berlangsung dengan cukup santai namun meriah. Delapan belas food blogger yang beruntung ini diundang untuk mencicipi menu spesial dari EXCELSO® demi menyambut liburan musim panas.

Hanny A. Elvind sempat mengatakan, “Menu liburan kali ini memang sengaja kita ambil dari menu regular yang sudah ada. Selain untuk mengingatkan bahwa kita memiliki rekomendasi menu minuman yang segar dan nikmat, kelima varian ini sangat mewakili semangat Summer Holiday. Kelima jenis minuman ini mengandung buah-buahan dan dua diantaranya memadukan kopi dan buah.”

Minuman-minuman tersebut adalah:
Banana Split Freese, Banana Split Frapio, Summer Splash Freeze, 
Maharani & Maui Fruit Punch

Beliau juga menambahkan, dengan memilih salah satu dari minuman tersebut dan memesan dengan total harga lebih dari IDR 100,000 sebelum tax, maka akan mendapatkan Freeze secara gratis.

Ibu Hanny juga dengan ramah menjelaskan satu persatu makanan dan minuman yang disajikan pada saat itu. Kemudian dengan sabar menjawab berbagai pertanyaan yang dilempar oleh para peserta food tasting tersebut. Selain acara mencicipi makanan, EXCELSO® juga mengadakan lomba mendekorasi dan memfoto minuman yang bernama Maui Fruit Punch.


| MENU

EXCELSO® memang menyajikan berbagai macam kopi yang penyajiannya menggunakan syphon. Oleh karena itu, kopi hitam dari EXCELSO® ini mempunyai tekstur yang lembut dan aroma yang kuat. Tetapi bagi anda yang tidak minum kopi, EXCELSO® juga menyediakan aneka minuman teh dan berbahan dasar buah-buahan.

Sepertinya acara nongkrong tidak akan lengkap tanpa adanya makanan. Oleh karena itu, EXCELSO®  juga menyajikan berbagai makanan baik makanan ringan, makanan utama sampai makanan penutup.


| BEVERAGES



                               



Banana Split Frapio IDR 41,500

Sebuah gelas besar yang berisi campuran kopi dengan pisang, saus coklat, saus stroberi ini akan memberikan kesegaran dikala cuaca sedang panas-panasnya. Rasa kopi yang kuat dinetralisir dengan pisang yang lembut terasa sangat lezat dan lezat. Saus coklat dan saus stroberi yang ditambahkan ke dalam minuman ini semakin menambah kekayaan rasanya.

Pada bagian atasnya diberi whipped cream yang lembut dan menggugah selera. Ditambah dengan cacahan kacang dan manisan ceri, memberikan warna yang kontras.

Bagi anda pecinta cappuccino, minuman ini sangat patut anda coba. Warna yang menggiurkan, rasa yang membuat ketagihan, porsi yang besar, penampilan yang cantik serta sensasi tekstur yang meleleh di dalam mulut akan mengembalikan kesegaran di tubuh begitu anda mencicipinya.






Maharani IDR 41,500

Campuran Kopi dengan aneka buah dan jus nanas, stroberi dan leci ini mungkin akan memberikan rasa yang sedikit aneh. Jus nanas, stroberi, leci dan kopi, masing-masing mempunyai rasa yang kuat dan khas. Kesemuanya itu saling berteriak dan memberikan sensasi yang aneh di minuman ini.

Tetapi, lama kelamaan rasa sesungguhnya dari minuman ini keluar. Ternyata minuman ini mempunyai rasa yang kompleks dan unik, sehingga memberikan rasa baru di dalam penyampuran kopi. Potongan buah-buahan seperti leci, nanas dan ceri yang dimasukkan ke dalam minuman ini, memberikan tekstur dan rasa yang menyegarkan.

Minuman berbahan dasar kopi ini dimasukkan ke dalam gelas besar, yang disusun sedemikian rupa sehingga terlihat lapisan warna yang cantik. Pada bagian atasnya terlihat busa yang lembut, kemudian sebagai hiasan diletakkan potongan jeruk nipis yang membuat minuman ini semakin terlihat begitu cantik dan menyegarkan.





Summer Splash Freeze IDR 41,500

Begitu minuman yang bernama Summer Splash Freeze  ini keluar, semua mata langsung tertuju pada minuman ini. Warna ungu gelap yang cantik itu  terlihat sangat menyegarkan, terlebih lagi minuman ini termasuk ice blended yang kental.

Diletakkan di dalam gelas yang mempunyai lekukan, membuat penampilan minuman ini terlihat sangat seksi dan menawan. Sensasi buah beri yang berada di minuman ini cukup menyegarkan, hanya saja rasa yang diberikan bagi saya masih kurang nendang. Jika minuman ini dibuat menjadi sedikit lebih asam, akan menjadikan minuman ini sempurna.






Banana Split Freeze IDR 41,500

Minuman ini menggunakan campuran yang sama dengan Banana Split Frapio, hanya saja pada Banana Split Freeze ini tidak menggunakan kopi. Alhasil, warna dari minuman ini berwarna kemerahmudaan yang cantik. Pada bagian atasnya juga diberikan whipped cream yang lembut, potongan kacang dan manisan ceri.

Rasa pisang yang memanjakan lidah ditambah dengan saus coklat yang lezat dan saus stroberi yang manis memberikan rasa yang lezat. Sedangkan whipped cream, kacang dan ceri yang diletakkan di bagian atasnya juga memperkaya tekstur dalam minuman ice blended ini.









Maui Fruit Punch IDR 41,500

Minuman yang menjadi bintang pada acara ini akhirnya dikeluarkan. Pada saat itu para peserta sudah mendekor meja-meja yang digunakan untuk mendukung kesegaran liburan musim panas dari EXCELSO® ini. Dikatakan sebagai bintang karena minuman inilah yang diperlombakan oleh EXCELSO® untuk dihias dan difoto.

Minuman ini terbuat dari campuran buah pisang, nanas, leci, jus nanas, jus jeruk dan stroberi yang diblender sehingga terlihat busa yang kental namun lembut. Teksturnya yang cair ditambahkan dengan potongan buah nanas, leci dan ceri, memberikan kejutan tersendiri ketika menikmati minuman ini.

Rasa manis dan asam dari minuman ini disatukan dengan kelembutan pisang. Disajikan dengan es batu dan dihiasi dengan potongan jeruk membuat minuman ini menjadi terlihat sangat cantik dan menyegarkan. Minuman ini sangat cocok bagi anda yang membutuhkan liburan, namun terhambat oleh kesibukan pekerjaan. Oleh karena itu: 


For those who didn't have time for vacation this summer, 
 EXCELSO® will serve it to your table.



| FOOD






Crispy Cass IDR 27,500

Crispy Cass ini adalah makanan ringan yang patut dicoba. Makanan ini berupa tape yang dibungkus dengan kulit crepe yang berwarna kuning keemasan. Bentuknya yang seperti tabung ini dipotong kemudian diletakkan secara artistik di piring kemudian dituang dengan susu kental manis dan taburan parutan coklat dan keju.

Sesuai kategorinya, makanan pembuka ini mempunyai porsi yang cukup dan sangat membuat orang ketagihan. Dimakan di sela pembicaraan membuat acara tersebut terasa lebih santai. Coklat dan keju yang ditabur juga sangat melimpah, EXCELSO® memang tidak pelit memanjakan konsumennya.

Kerenyahan di luar dan kelembutan di dalam menambah sensasi menyenangkan ketika mencicipinya. Keju dan coklat menambahkan rasa gurih dan manis membuat makanan ringan ini sangat kaya akan rasa. 

Jika anda ingin menyempurnakan sensasi yang lezat, anda bisa memesan Crispy Cass dengan menggunakan Coklat + Keju + Ice cream, yang bisa anda dapatkan dengan harga IDR 32,500







Excelso Club Sandwich IDR 59,500
EXCELSO® Club Sandwich ini berupa sandwich yang berisikan grilled chicken slices, smoke beef, sliced egg, onion, tomatoes dan selada hijau, yang kemudian diberikan setumpuk french fries di sampingnya. Dua pasang sandwich ini terdiri dari tiga lapis roti tawar putih (bisa di ganti dengan roti gandum) yang dikokohkan dengan tusukan berbendera EXCELSO®. Lapisan demi lapisan yang cantik terlihat dari sandwich ini cukup membuat kita menelan air liur menunggu waktu untuk menyantapnya.

Selain bagian isinya yang segar, dioleskan juga saus homemade khas EXCELSO® yang gurih. Sehingga menambah rasa serta menjembatani kesemua bahan itu menjadi sebuah makanan yang sangat lezat dan istimewa.




PT EXCELSO Multi Rasa juga memberikan kesempatan bagi para pebisnis yang hendak bergelut dalam bidang kafe dan restoran dengan menyediakan bisnis waralabanya. 30 dari 105 outlet yang tersebar dipegang oleh para pemegang franchise EXCELSO® ini. Jika anda memiliki ketertarikan dalam membuka outlet EXCELSO®, anda dapat menghubungi:

PT EXCELSO Multi Rasa
Jl. K. H. Hasyim Ashari,
Komplek Roxy Mas Blok C. 11 No. 38-39
Jakarta 10150

T. (021) 6326352
F. (021) 6326605
www.excelso-coffee.com




Sampai jumpa di review selanjutnya.

Face book | Twitter | Instagram | Linkedin |

You Might Also Like

7 comments:

  1. Soya...seriusan keren reviewnya, videonya, gambar2nya. Good job, bro!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Aline..... Bukankah aku belajar banyak dari dikau???

    Hi Ika.... Thanks lowwww..... btw aku gak bisa follow Blogmu... :(

    ReplyDelete
  3. Hai Soya....
    Reviewnya keren bangeeedddd. Aku suka foto Maui Fruit Punch -nya. Bagus.
    Thanks atas reviewnya yang indah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Tika....

      Makasih yaaa..... Tapi aku juga pernah lihat blogmu.... keren abis.... Foto2nya itulooohhh yang bener2 "BUAGUS BUANGET"

      Selalu berkarya yah Tika

      Delete
  4. aiiihh soyaaa, food review n resatonya kereeeennn banget *sumpah
    keknya musti belajar banyak dr soya nih soal ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Maya,

      Tapi masih banyak kok Blogger-blogger yang jauh lebih keren.... Yuks kita belajar bareng :D

      Delete