Egg Nest Bistro

EGG NEST BISTRO - Jl. Sampit V

7/14/2013 Soya Yanagawa 1 Comments

Sewaktu saya berkenalan bersama Agnes J. Husada, senyumannya yang menegaskan bahwa beliau adalah orang yang cantik, ramah dan bersahabat. Beliau juga dengan sabar menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh saya, dan dengan lancar menceritakan pengalaman-pengalamannya.

Agnes sempat kuliah di Australia dan bekerja di Singapur dalam bidang Bio Technology. Akan tetapi, karena cintanya pada makanan, maka bersama kakak dan adik perempuannya mereka sepakat untuk membuka sebuah bistro yang bernama Egg Nest Bistro.



Tahukah anda? Egg Nest Bistro adalah pelesetan dari Agnes. Tetapi, Egg menandakan sebuah kehidupan baru dan Nest yang merupakan tempat dimana kita merasa aman dan nyaman. Agnes juga menambahkan bahwa Egg Nest Bistro adalah sebuah bistro yang menyajikan makanan dan minuman yang berasal dari perjalanan para pemilik restoran berkeliling dunia. Mereka hendak membagi pengalaman kuliner mereka kepada para pengunjung tempat ini.

Dengan bantuan head chef bernama Ryan Handawi, yang telah berpengalaman bekerja di Swiss lebih dari 4 tahun, membuat Egg Nest Bistro ini semakin kuat dan menjanjikan. Salah satu keunikan yang dikreasikan oleh Ryan, 80% dari makanan yang disajikan oleh Egg Nest Bistro ini dibentuk menjadi nest (sarang). Estetika juga sangat diperhatikan oleh Ryan, oleh karena itu, semua sajian yang diberikan olehEgg Nest Bistro akan membuatmu menelan air liur walau hanya dengan melihatnya.

Berlokasi di sebuah gang di Jl Melawai, tepat berseberangan dengan gereja Khatolik, Egg Nest Bistro ini bisa dikatakan cukup strategis. Walau Egg Nest Bistro berada di bagian lantai dasar Oak Tree Urban Hotel, Agness mengatakan, target Egg Nest Bistro bukanlah hanya untuk tamu hotel saja, tetapi juga semua orang yang ingin mencicipi citarasa yang berasal dari berbagai tempat di dunia.







Dekorasi yang ditampilkan di tempat ini sangatlah cantik dan menawan. Pada dindingnya, Egg Nest Bistro emasang berbagai ukuran figure burung yang terlihat seperti sedang terbang mengelilingi ruangan ini. Kemudian pada beberapa titik, dipasang ranting kering yang terlihat ada aneka warna burung sedang bertengger di situ. Lampu-lampu gantung yang digunakan di Egg Nest Bistro ini juga dibentuk seperti sarang burung, lengkap dengan telurnya. Kepekaan terhadap detail membuat ruangan ini terlihat begitu cantik, nyaman dan juga menyenangkan.

Seperti yang telah diceritakan di atas, Egg Nest Bistro menyajikan masakan yang dikumpulkan oleh para owner sewaktu berkeliling di berbagai negara. Oleh karena itu, Egg Nest Bistro menyajikan berbagai masakan dari Timur dan Barat. Tetapi yang membuat saya terkejut, Egg Nest Bistro menyajikan masakan mediteranian yang jarang sekali ditemukan di Jakarta ini.

Tanpa panjang lebar, mari kita lihat beberapa menu yang ditawarkan oleh Egg Nest Bistro ini.



EGG NEST SPECIAL SALAD IDR 58,000

Salad yang merupakan ciri khas dari Egg Nest Bistro adalah Egg Nest Special Salad. Walau hanya berupa salad, Chef Ryan Handawi dapat membuatnya terlihat cantik dan mempesona. Sebuah sarang yang terbuat dari deep fried Rösti  diletakkan di tengah piring setelah di bawahnya diletakkan sayuran-sayuran segar dengan Béarnaise sauce. pada bagian sarangnya diletakkan beef pepperoni, kemudian telur rebus. dan creammy spinach sauce.

Perlu saya jelaskan, Rösti adalah sebuah makanan yang berasal dari Swiss. Rösti menggunakan bahan dasar kentang yang diparut kemudian di goreng dengan minyak sepanas 180°C. Sedangkan untuk Béarnaise sauce adalah saus yang dibuat dengan kuning telur yang di campur dengan white wine, dan non fat melted butter.

Telur rebus yang di bagian atasnya, dimasak dengan sempurna. Sehingga sewaktu dibotong, cairan keemasan dari kuning telur itu langsung mengalir keluar. Begitu cantik dan begitu lezat. Sebua bahan menjadi satu menciptakan sebuah simphoni yang sangat indah di mulut. 




SALMON TERIYAKI IDR 98,000
Salmon Teriyaki ini berupa salmon yang dimasak kemudian dituang dengan bumbu teriyakinya yang manis gurih. ditambah dengan wijen putih menambah wangi yang sangat lezat pada makanan ini. Disajikan bersamaan dengan nasi dan Rösti yang dibentuk menjadi sarang dan ditaruh dengan sayuran segar, membuat menu makanan ini begitu sangat cantik dan lezat. Sayuran yang diletakkan di dalam sarangnya itu adalah potongan brokoli, paprika hijau, kuning dan merah. Sehingga warna yang diberikan sangatlah cantik.

Chef Ryan  sangat membanggakan saus teriyaki dari Egg Nest Bistro ini. Karena resep dari saus teriyaki ini adalah homemade dan sangat dijaga kerahasiaannya. Ternyata, rasa saus teriyakinya memang sangatlah lezat. dimakan bersamaan dengan salmon yang mempunyai rasa khas itu sangat memanjakan mulut kita. 




MELT SIRLOIN STEAK IDR 180,000
Daging yang diimport dari Australia ini digrill dan kemudian disajikan bersamaan dengan mashed potato, fresh salad, dan chaliapin sauce.

Pada dagingnya, Chef Ryan memberikan Menthol Butter yang terbuat dari sangat terasa LP Butter, lemon dan parsley nya. Sedangkan untuk Chaliapin Sauce, memang menggunakan onion, jadi rasa manis dan wangi dari bawang bombaynya itu sangat terasa dan semakin menambah kegurihan dari daging tersebut.




BUTTER-ROASTED WHITE SNAPPER IDR 88,000
Butter Roasted White Snapper ini adalah ikan kakap putih yang dimasak dengan menggunakan bumbu khas mediterania. Dengan menggunakan chives minth, oliander membuat makanan ini sangat harum dan lezat. Ditambah dengan Hara Sauce yang menggunakan bahan tomat,ketumbar, bawang bombai, paprika dan saus bikinan sendiri memberikan rasa manis  dan gurih yang mewarnai masakan ini ketika di santap.

Perlu diketahui, cara untuk mengetahui sebuah rumah makan itu menyajikan makanan yang lezat adalah dengan mencicipi menu yang paling sederhananya, yakni mashed potatonya. Rasa dari mashed potatonya cukup segar dan lembut, dan tentunya wangi. Selain Mashed potato, Egg Nest Bistro juga memberikan alternatif seperti baked potato dan french fries.



PANNA COTTA IDR 48,000

Sebenarnya, inilah menu yang paling saya tunggu-tunggu.  Menu desserts yang sangat cantik dan lezat yang ditawarkan oleh Egg Nest Bistro. menu pertama yang datang adalah Panna Cotta.

Sebuah makanan penutup dari Itali yang merupakan campuran dari susu, krim dan gula yang dikentalkan dengan gelatin ini diberi sirup melba yang menyegarkan. Panna Cotta dari Egg Nest Bistro ini sedikit berbeda dengan panna cotta lainnya. Teksturnya sedikit lebih padat, namun lembut dan manis. rasa krim dan susu sangatlah lezat. Terlebih Chef Ryan menggunakan vanila segar untuk menambah wanginya. membuat makanan ini menjadi sulit untuk ditolak.

Saus Melba yang dituang di sekeliling panna cotta tersebut sangat bertolak belakang dengan manisnya panna cotta. Saus Melba ini adalah sari raspberry yang diberi lemon dan gula halus.tetapi, jika kita memakannya berbarengan dengan pannacottanya, akan tercipta sensasi yang sangat halus, lembut sekaligus menyegarkan.





NESTED PAVLOVA IDR 48,000

Nested Pavloca dari Egg Nest Bistro ini adalah lapisan-lapisan yang terdiri dari meringue, Berry Chantilly cream. kemudian di atasnya dihias dengan aneka buah-buahan berry segar, coklat dan gula bubuk.

Untuk rasa, memang makanan ini sangatlah lezat. tetapi yang membuat makanan ini menjadi sangat lezat adalah teksturnya yang sangat unik dan lezat. Kerenyahan dari meringue yang langsung berubah menjadi lembut di mulut, ditambah dengan kehalusan creamnya membuat makanan ini menjadi sangat disayangkan untuk dilewatkan.



CHOCOLATE PARVAIT MERRY-GO-ROUND IDR 58,000
Chocolate Parfait ini berupa sebuah sarang yang terbuat dari corn flakes yang disatukan dengan chocolate sauce, dan diletakkan 3 scoop ferrero rocher Chocolate Ice Cream, yang akhirnya diletakkan ice cream cone yang renyah serta diberi saus chocolate dan icing sugar.

Untuk rasanya, sudah pasti sangat cokelat! tetapi yang membuat makanan ini lezat adalah chololate parvaitnya ini tidaklah terlalu manis. Penamplan yang begitu cantik dan menawan inilah yang membuat beberapa teman saya tertarik untuk mencobanya.




BANANA FRUITY YAKULT IDR 28,000
Agnes J Husada mengatakan sebenarnya beliau sudah bosan dengan aneka teh yang diberi srasa buah-buahan. Oleh karena itu, beliau membuat menu minuman Fruity yakult di tempat ini. Salah satunya adalah dengan rasa pisang.

Ternyata, minuman kesehatan ini sangatlah lezat. Rasa dari pisang tercampur menjadi satu di minuman ini. Potongan-potongan buah pisangpun dimasukkan ke dalam minuman ini, sehingga selain rasanya yang menggoda dan teksturnya yang beragam, minuman ini juga sangat sehat bagi usus.




MANGO FRUITY YAKULT IDR 28,000
Saya suka sekali dengan mangga! dan minuman ini adalah minuman yang paling saya favoritkan di Egg Nest Bistro ini. Perpaduan buah mangga dengan yakult ini sangat menyegarkan dan membuat saya tidak ingin membaginya haha.... tetapi yang membuat minuman ini menjadi semakin spesial adalah adanya popping bubble di dalamnya.

Popping bubble itu begitu kita kunyah, akan menyemprotkan sari mangga, sehingga rasanya semakin kuat dan lezat!





CURIOUS GEORGE
Minuman ini merupakan campuran lychee, banana, orange dan yoghurt. Rasanya segar dan yang terpenting adalah sehatnya! karena menggunakan buah-buahan segar serta yoghurt yang memberikan kesehatan pada pencernaan kita.



EGG NEST EXOTIC
Minuman yang sehat dan menyegarkan satu lagi adalah eggnest exotic. minuman ini terbuat dari grenadine, orange juice, passion fruit, lime dan lemon. Kombinasi dari minuman ini memberikan warna yang sangat exotic dan cantik sesuai dengan namanya. Rasa yang menyegarkan dengan ditambah butiran-butiran dari passion fruit membuat minuman ini tidak akan sisa sampai tetes terakhir.



Selain makanan dan minuman yang disajikan di atas, ternyata Egg Nest Bistro juga memberikan kami snack berupa kentang dand dory fish nugget.  Keduanya itu menjadi makanan ringan yang cukup menyenangkan. Sepertinya saya sudah tidak sabar untuk kembali ke tempat ini untuk mencoba Dark Chocolate Lava Cake dan Pancakenya yang sepertinya sangat menarik dan sayang untuk tidak dicoba.

Egg Nest Bistro
Jl. Sampit V No.3 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
P +62 21.72780828
www.eggnestbistro.com
Facebook: Eggnest Bistro
Twitter : @EggnestBistro
Instagram: EggnestBistro

Sepertinya sekian review saya dari Egg Nest Bistro di Jl. Sampit ini. Sampai berjumpa di review selanjutnya!


Face book | Twitter | Instagram | Linkedin | 

You Might Also Like

1 comment: