Djournal

Djournal - Grand Indonesia

7/13/2013 Soya Yanagawa 2 Comments


Pada hari Sabtu, 6 Juli 2013 yang lalu, saya berkesempatan untuk singgah ke sebuah coffee shop yang cukup menarik dan sayang untuk dilewati begitu saja. Nama Coffee shop itu adalah Djournal Coffee.

Lokasi Djournal di Grand Indonesia memang sangat strategis. Terletak di lantai dasar West Mall Grand Indonesia ini cukup dilalui oleh banyak pengunjung. Terlebih penampilannya yang sangat memukau.

Dengan didekorasi cukup apik dan rapih, Djournal Coffee ini menarik hati para pengunjung yang melewati tempat ini. Tempat untuk menikmati hidangan di Djournal ini bisa dikatakan dibagi menjadi tiga bagian.





Bagian pertama adalah bagian di depan outlet yang berada di samping jalan. Pada bagian ini kita bisa menikmati makanan atau minuman sembari melihat orang yang berlalu-lalang. Kemudian bagian ke-2 adalah tempat yang di belakang kasir. Pada tempat ini, kita bisa menikmati hidangan dari Djournal Coffee dengan lebih private. Pada bagian ini kita bisa melihat dekorasi yang lebih cantik dan menarik. Terlihat sebuah bar yang terdapat aneka peralatan untuk membuat kopi. Terakhir adalah bagian yang dikhususkan bagi anda yang merokok. Tempat ini berada di area luar mall yang dihubungkan dengan pinti di belakang Djournal Coffee.

Berhubung pada saat itu saya sedang bersama dengan kekasihku, dan dia tidak merokok, jadinya kami memilih tempat yang bagian dalam Djournal Coffee. Selain bisa ngobrol dengan lebih leluasa, kita bisa menikmati suasana yang nyaman dan menarik.

Djournal Coffee memang serius dalam menghias ruangannya. Mereka dengan cerdas memaduan warna coklat, hitam, hijau dan hijau toska ke dalam dekorasinya. Tidak luput juga pilar-pilar konstruksi mereka tutup dengan karung yang membuatnya menjadi menyatu dengan dekorasi yang lain. Penggunaan meja dan kursinya juga dipikirkan secara matang oleh Djournal Coffee ini. Terdapat berbagai jenis meja dan kursi yang tersebar, tetapi kesemuanya itu berhasil menciptakan suasana cantik dan menambah daya tarik Djournal Coffee ini.








Jika anda singgah ke tempat ini, anda harus mendekati counter Djournal Coffee yang berada di depan untuk memesan. Pada bagian kasir akana terdapat pekerja Djournal Coffee yang langsung menyapa dengan hangat begitu kita mendekatinya. Pada bagian samping dari kasir terdapat pula tumpukkan cookies dari Collete & Lolla yang cantik dan menarik. Kemudian di sampingnya lagi terdapat lemari pendingin yang berisikan aneka dessert dan croissant yang cantik dan menarik.

Memang, menu yang ditawarkan oleh Djournal Coffee ini lebih mengutamakan minuman-minumannya. Akan tetapi mereka juga menyediakan berbagai makanan snack yang bisa dimakan sendiri atau beramai-ramai serta beberapa jenis spaghetti diperuntukkan untuk anda yang sedang lappar berat.

Keunikan dari Djournal Coffee, mereka menyediakan beberapa jenis pembuatan kopi hitam. Yaitu dengan “pour over”, “Syphon” dan “Cold Drip”. Setelah sempat bertanya-tanya dengan sang kasir atau barista, mereka dengan senang hati akan menjelaskan proses-proses pembuatannya.



LONG BLACK IDR 29,000
Karena saya hendak mencoba “houseblend” dari Djournal Coffee ini, maka saya lebih memilih Long Black. Hal ini dikarenakan jika pembuatan kopi hitam dari pour over, dan siphon akan menghasilkan kopi yang mempunyai kekentalan sedikit halus.

Long Black hampir menyerupai dengan americano. Long Black biasanya ditemukan di daerah Australia, New Zealand dan Brazil. Yang membedakan Long Black dengan Americano adalah proses pembuatannya. Jika Americano itu memasukkan  air ke dalam espresso, maka Long Black itu memasukkan kopi ke dalam air. Hasilnya sangat berbeda, karena pada longblack akan terdapat crema(busa berwarna coklat yang mengambang di bagian atas) dan rasanya lebih kuat. Untuk mendapatkan rasa yang kuat itulah saya memesan long black.

 



Saya sempat memfoto proses sang barista membuat espressonya. Pada mulanya mereka menghaluskan biji kopi, hal ini adalah hal yang lumrah untuk mayoritas coffee shop. Karena aroma dan rasanya akan terasa lebih segar ketimbang dengan kopi yang sudah dihaluskan kemudian didiamkan. Kemudian bubuk kopi yang baru saja dihaluskan itu dimasukkan ke espresso makernya dan di tamp supaya merata dan menghilangkan ruang di dalamnya. Tamping dilakukan guna memaksimalkan body espressonya.

Sebelum memesan, sebenarnya saya sempat bertanya kopi hitam apa saja yang Djournal Coffee sajikan. Sang barista mengatakan Djournal Daily, Toraja dan Papua Wamena. Saya sempat menanyakan houseblend dari Djournal Coffee itu terbuat dari campuran apa saja, namun mereka enggan menyebutkannya dan mengatakan “rahasia”. Oleh sebab itu saya menanyakan aroma dan keasamannya. Memang, sewaktu long black pesanan saya jadi, aromanya cukup keras terasa, dan keasamannya sedikit tinggi. Body dari long black ini juga cukup kental.

Long Black di Djournal Coffee ini bisa dikatakan cukup gigantis. Cangkir yang digunakan cukup besar. Hal ini menunjukkan bahwa Djournal Coffee ini selain memperhatikan kualitas, mereka juga memberikan kuantitas demi kepuasan pengunjung. Oh, Dhournal Coffee juga memberikan sepotong kue kecil di samping minuman ini. Rasanya cukup manis dan lezat.

Sewaktu saya menikmati kopi ini, ternyata salah satu barista sedang menyajikan kopi dengan pour over. Pour over di Djournal Coffee menggunakan saringan yang dipakai di tempat unik dan cantik. Biasanya, kopi yang dihasilkan sedikit lebih halus.





COFFEE CHICKEN FINGERS IDR 35,000
Chicken Fingers yang dibalur dengan kopi ini disajikan di dalam gelas kertas bersamaan dengan mayonaisenya. Penampilannya cukup cantik, karena berwarna kuning keemasan, dan teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Mayonaise yang diberi di sampingnya juga cukup lezat dan menambah keanekaragaman rasa di dalam hidangan ini. Memang, pada bagian luarnya terlihat bubuk kopi yang ditabur, akan tetapi wangi dan rasa dari kopi itu kurang terasa. Sebenarnya cukup lezat, hanya saja rasa kopinya serasa tidak ada di dalam bumbu masakan tersebut.


 



THE HAZEL NUTCRACKER (NUTELA CAKE) IDR 32,000
The Hazel Nutcracker ini berupa kue yang berbentuk kubus yang sederhana. Hiasannya berupa sebuah garis pendek di bagian atasnya yang terbuat dari chocolate sauce. Sebenarnya ada yang membuat saya bahagia ketika memesan cake yang satu ini. Sewaktu saya memilih-milih cake yang ada di etalase, sang kasir memang menyarankan untuk memesan kue yang satu ini, hanya saja pada cake yang dipajang, sudah tidak begitu mulus. Sewaktu saya mengatakan bahwa saya hendak memfotonya, sang kasir mengatakan bahwa ia akan memeriksa di bagian dalam untuk memberikan cake yang masih mulus. Setelah beberapa lama, akhirnya Nutela Cake yang masih mulus hadir di meja saya.

Sesuai dengan rekomendasi dari sang kasir, kue yang satu ini sungguh lezat. Perpaduan rasa coklat dan hazelnut begitu terasa ketika dimakan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat benarbenar membuat hari saya menjadi semakin manis.




GINGERBREAD CAKE IDR 25,000
GingerBread cake ini berbentuk tabung yang pada bagian atasnya diberi potongan-potongan ginger bread. Di bagian samping dari kue ini terlihat lapisan dasar yang berwarna coklat tua dengan kream yang juga dimasukkan gingerbread di dalamnya. Begitu di makan, rasanya lezat, bahkan kekasihkupun menyukainya. Teksturnya cukup beragam, karena lembut di bagian krim dan sedikit padat di bagian ginggerbreadnya. Cake ini juga bisa dimasukkan ke dalam rekomendasi.

Sepertinya sekian review saya dari Djournal Coffe, yang pastinya akan saya kunjungi lagi untuk mencicipi minuman dan makanan lainnya.

Sampai berjumpa di review selanjutnya!



Face book | Twitter | Instagram | Linkedin | 


You Might Also Like

2 comments:

  1. Keren nih foto-fotonya. Sabtu kemarin aku liat Soya di Djournal Coffee, pantesan kok kayaknya kenal...tau gitu aku manggil deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa beneran khan kita ke sana pas waktu yang sama... hahaha.... next time sapa aja yaaa.... (aku kalau lagi poto2 pasti terlalu serius/fokus jadinya gak sadar kalau ada kenalan.... makanya banyak yang bilang aku sombong... hiks)

      Delete