De' Kedai

De' Kedai - Graha Irama

6/13/2012 Soya Yanagawa 0 Comments

Pada suatu ketika, saya dan rekan kerja mempunyai janji ketemuan dengan klien di sebuah gedung di Jl. HR. Rasuna Said, tepatnya di gedung Graha Irama. Karena jalanan yang cukup menantang, akirnya kami sampai tepat waktu dan langsung rapat tanpa makan siang. Usai dari rapat tersebut tepat pukul 4 sore. Karena perut sudah keroncongan, jadinya kami memutuskan untuk makan di salah satu restoran yang tersedia di Graha Irama ini. Jatuhlah pilihan kami ke De’ Kedai



| Location
De’ Kedai berada di lantai 2 dari Graha Irama ini. Jika anda menggunakan lift yang berada di tengah-tengah, begitu anda keluar dari lift, segeralah melangkah ke arah kanan dan anda akan menemukan De’ Kedai.



| Environment

Sebenarnya ruangan di De’ Kedai ini cukup mungil, namun karena penyusunan dan dekorasinya yang pinter-lah yang membuat De’ Kedai adalah tempat yang nyaman dan menyenangkan. Pada salah satu sisi, dindingnya diberi kaca yang besar untuk membuat ruangan ini terlihat menjadi lebih luas.



Pada dinding lainnya, De’ Kedai menaruh poster-poster vintage berukuran besar. Yang membuat menarik adalah De’ Kedai juga menempelkan piring-piring antik. De’ Kedai menggunakan meja dan kursi yang terbuat dari kayu dan terlihat sederhana, tetapi untuk lantainya, mereka menggunakan keramik yang antic dan terlihat sangat indah dan menyenangkan.



| Menu
Buku menu De’ Kedai ini, diletakkan di sebuah keranjang di samping pintu masuk. Ketika kita memilih tempat untuk makan, sang pramusaji akan segera mendatangi kita dan memberikan buku menunya. 

Buku menu De’ Kedai ini hanya diisi dengan nama makanan, harga makanan dan keterangannya. Tetapi walau dengan kesederhanaan menunya, terlihat cantik dan sangat menyenangkan. 

Menu yang ditawarkan di De’ Kedai ini juga cukup beragam. Selain masakan-masakan khas Indonesia, mereka juga menyediakan makanan-makanan international lainnya. Setelah memilih-milih makanan akhirnya kami menentukan pesanan kami

| Foods



Spaghetti Bolognaise
 IDR 31,500
Spaghetti yang dituang dengan saus bolognaise De’ Kedai ini terlihat sangat cantik dan lezat. Rasa dari saus bolognaise nya sangat gurih dan pas di lidah. Sebuah makanan yang bisa menjadi referensi untuk makan di tempat ini.
Oh, Perlu diketahui, sebenarnya bolognaise itu adalah salah satu saus yang biasanya digunakan untuk pasta. Jika anda berpikir bahwa bolognaise itu identik dengan saus tomat…. Sebenarnya pada awalnya, bolognaise itu adalah salah satu “toping” untuk pasta yang menggunakan bahan dasar daging (jadi daging yang lebih ditekankan…. bukan tomatnya hehehe).. Bolognaise biasa disebut sebagai “ragù alla Bolognese berasal dari sebuah tempat bernama Imola yang terletak dekat dengan kota Bologna, Italia pada akhir abad 18. Nah, hanya saja di luar dari Italia, Bolognaise ini dikenal dengan saus tomat yang dicampur dengan daging… OK, sekilas mengenai sejarah bolognaise…. Mari kita lanjut ke makanan selanjutnya.



Nasi Goreng De’ Kedai IDR 31,500
OK, dari Itali, kita kembali ke Indonesia. Nasi goreng De’ Kedai berupa nasi goreng yang ditambah dengan ayam goreng, telor goreng (mata sapi) dan kerupuk udang di sampingnya. Untuk Nasi gorengnya sendiri, De’ Kedai tidak menggunakan kecap manis, sehingga warnanya tidak berwarna coklat gelap. Nasi yang di goreng bersamaan dengan telur dan potongansayur seperti wortel, jagung, kacang polong dan lainnya ini cukup gurih dan enak, ditambah dengan potongan ayam dan senbuah telur goreng menambahkan kelezatan dari makanan ini.




Nasi Goreng Kampoeng IDR 28,000
Nasi Goreng Kampoeng ini adalah nasi yang di goreng dengan udang dan ayam. Nah, nasi goreng inilah yang sering kita lihat dimana-mana…. Karena menggunakan kecap manis ketika penggorengannya. Oleh karena itu warnanya menjadi lebih gelap dan rasanya ada permainan manis, asin dan gurih. Ditambah dengan potongan-potongan ayam dan udang membuat makanan dari “kampong” ini terasa sangat lezat dan menyenangkan.

| Drinks



Untuk Minumannya mereka menyediakan berbagai minuman yang menyegarkan. Kami memesan es teh, jus jeruk dan ada satu minuman yang menarik pesanan dari teman saya, yakni minuman hangat berupa lemon dan madu. Saya hanya memesan es teh yang diberikan pula gula cair jika kita mau menambahkan rasa manisnya. Jadi, untuk minuman saya tidak bisa banyak bercerita.

Tetapi, overall….. pengalaman makan di tempat ini sangat memuaskan. Walau tempatnya yang mungil, tetapi De’ Kedai menyediakan makanan yang sangat luas. Seandainya ada rapat kembali di gedung ini, pasti saya akan menyempatkan diri untuk mampir dan makan di situ lagi.



Sekian review saya dari De’ Kedai di Graha Irama HR Rasuna Said, Jakarta

Cheers!!

You Might Also Like

0 Comment: