pondok kemangi

PONDOK KEMANGI - SERPONG

11/11/2011 Soya Yanagawa 0 Comments

Jika anda sedang bermain-main di daerah Serpong, jangan lupa untuk mampir ke Pondok Kemangi yang berada tepat di pinggir Jalan Raya Serpong. Karena, jika anda penyuka seafood, restoran ini adalah tempat yang wajib dikunjungi.
Jika anda makan di restoran ini, anda bisa memilih untuk bersantap di bagian ber-AC atau non AC. Karena waktu itu saya datang pas malam hari, maka di daerah luar ruangannya sedang ada live music. Namun, karena kita ke situ untuk ngobrol sambil bersantap, jadinya kita memilih untuk makan di daerah yang ber-AC.

Karena tempat makan ini sudah terkenal akan enaknya dan tidak terlalu mahalnya, maka tempat ini dipenuhi oleh pengunjung. Mayoritas pengunjung yang datang ke tempat ini adalah keluarga. Apalagi hari ini adalah malam minggu, jadi saat yang tepat untuk mengajak keluarga bersantap di luar rumah.
Oh, Pondok Kemangi ini mempunyai dua macam menu. Yang satu berbentuk buku yang menyertai gambarnya, sedangkan yang satu berupa kertas yang di print kemudian di laminating.
Keunikan dari tempat ini adalah di tengah-tengah ruangannya terdapat sebuah meja yang penuh dengan aneka macam sambal, dari cabe rawit ajah, sambal goring sampai dengan sambal manado. Jadi jika anda pecinta masakan seafood yang pedas, bisa dikatakan tempat ini adalah surga dimana anda bisa memakan cabe sebanyak dan sepuas mungkin.
Jika kita sudah menentukan meja dimana kita bersantap, dan mulai memesan makanan yang akan kita santap, pramusaji segera memberikan sepiring krupuk putih dan sepiring otak-otak. Krupuk dan otak-otak itu disediakan supaya tidak bosan menunggu datangnya makanan kita. Tapi perlu diingat, itu bukan complimentary yah…. Jika anda memakannya, kudu bayar ☺

Tak berapa lama, makanan kami datang. Menu yang kami pesan adalah:
Ikan Gurame Bakar
Ikan gurame bakar ini sangat gurih. Matangnya merata dan tidak terlalu amis. Bumbunya juga meresap dan sangat lezat. 
Nilai:7/10

Ikan Gurame Goreng
Karena penggemar ikan Gurame, kami juga memesan ikan gurame yang di goreng. Gorengannya kering jadinya kita bisa makan sampai ke ekor dan kepala bagi yang doyan. Karena kering dan garing, jadinya tidak ada rasa amis. Apalagi daging ikan gurame termasuk banyak, jadi kita bisa puas memakan sampai tidak tersisa (kecuali tulangnya)
Nilai:7/10

Udang Bakar
Ini menu yang sampai kita pesan untuk ditambah. Udangnya besar-besar dan sangat lezat. Bumbunya juga meresap dan gurih. Hanya satu kekurangannya, yakni kurang banyak……. Satu porsi hanya 4 buah udang dan sangking lezatnya langsung habis dalam hitungan detik……
Nilai:7,5/10
Sayur Asem
Bahasa keren dari sayur asem ini adalah sour soup…… saya bukan penggemar berat akan sayur asem ini. Jadi saya tidak mencobanya. Tetapi alas an lainnya adalah teman saya yang doyan, langsung menghabiskan sayur asam ini tanpa menawarkan ke kita-kita untuk mencicipinya walau sedikit ☺
Nilai: --/10

Tempe Mendoan
Saya suka dengan gorengan, dan saya suka dengan tempe. Tempe mendoan di sini juga perlu dicoba. Tempe mendoan terkenal akan tempenya yang digoreng tetapi sewaktu di goreng diberi tepung sehingga tidak terlalu kering. Jadi ketika memakannya walau garing tetapi ada bagian yang lembutnya. 
Nilai:6/10

Udang Goreng Tepung
Udang ini digoreng dengan diselimuti dengan tepung dan tepung roti. Jadinya hamper seperti tempura. Bedanya disamping udang goreng ini tidak ditaruh soyu dan parutan lobak, melainkan saos. Bagi anda yang menyukai gorengan seperti ini, menu ini patut untuk di coba dan dinikmati.
Nilai:7/10

Sepertiya sekian review dari saya dari Pondok Kemangi. Saya rasa jika anda yang sedang berada di daerah Serpong dan ingin mengajak makan keluarga, Pondok Kemangi adalah salah satu tempat yang bisa saya rekomendasikan.

Salam.

You Might Also Like

0 Comment: