Yakoya

YAKOYA - ARTERI PONDOK INDAH

10/27/2011 Soya Yanagawa 0 Comments

Jika anda pernah melewati Jalan Panjang terus sampai ke Jalan Arteri Pondok Indah, mungkin anda pernah melihat sbuah restoran Jepang yang mempunyai "all you can eat" Shabu-Shabu-nya. restoran itu bernama YAKOYA

Restoran ini cukup unik, sewaktu anda mendekati pintu masuk, anda akan melihat kolam ikan diantara pintu masuknya. Ketika kita mendekati pintu masuknya, pintu langsung terbuka dan senyuman ramah para pramusaji menyambut kedatangan kita. Kemudian begitu kita menjejakkan kaki ke dalam YAKOYA kita akan melihat begitu banyak wine yang tersusun di rak-rak setinggi langit-langit. (mengingatkanku pada tempat bernama Vertigo di tahun 2007 silam)

Secar garis besar, tempat makan di YAKOYA ini terbagi tas dua zona, yakni zona bebas rokok dan zona bebas merokok. Karena saya dan teman saya ada yang perokok, jadinya kita memilih tempat yang boleh merokok.

Dinding di tembok terbuat dari bata-bata. beberapa bata-nya dibuat menonjol keluar, yang sepertiya berguna untuk tempat lilin. Kemudian setiap meja sudah disiapkan peralatan untuk shabu-shabu berupa penjepit, sendok dan sumpit, sedangkan untuk setiap orangnya disediakan piring kecil, mangkuk besar sumpeit dan serbet. Pelengkapnya dalam sebuah meja terdapat tissu dan tusuk gigi.

Begitu pramusaji datang membawakan buku menu, ternyata selain shabu-shabu, mereka juga menyediakan menu lainnya. Karena Bos saya yang tidak mau makan all you can eat-nya, maka beliau memesan Chicken Teriyaki set menu.

Satu Set Menu Chicken Teriyaki terdiri dari semangkuk nasi, semangkuk salad, semangkuk sup miso, sepiring chicken teriyakinya dan sebagai pelengkap ada acar jepang.

Untuk Saladnya mereka menggunakan daun salada, tomat, kol, wortel, bawang bombai dan paprika yang dituang dengan mayonnaise. sayur-sayurannya cukup segar dan banyak.

Chicken Teriyakinya banyak! sampai-sampai bos saya memesan satu nasi putih karena masih tersisa. Ayamnya empuk dan rasanya juga lezat, tidak kalah dengan restoran-restoran terkenal lainnya.

Untuk acarnya, yang unik di sini mereka memberikan takuan. Takuan itu adalah lobak yang di buat acar dan warnanya kuning. Biasanya, hanya restoran-restoran yang mahal yang memberikan pengunjungnya acar takuan ini.

Terakhir adalah Sup Miso nya yang juga tidak kalah enak. Di dalamnya terdapat tahu, rumput laut dan wortel. kuahnya kental dan sangat terasa sup misonya.

Jika anda memesan shabu-shabu all you can eat-nya, pramu saji akan segera menyiapkan peralatannya berupa panci untuk memasak dan mengisi mangkok besar kita dengan bumbu shabu-shabunya.Selain itu kita juga di berikan bumbu-bumbu lainnya seperti potongan bawang putih, parutan lobak dan potongan daun bawang.

Kuah yang ditaruh di mangkok besar kami itu hampir seperti kuah soyu. berwarna hitam dan asin.

Setelah beberapa saat, datanglah sepiring besar sayuran yang berisi sawi putih, beraneka macam daun berwarna hijau, wortel, bawang bombai, daun bawang, mie besar, dan tahu. Mereka memberikannya satu piring yang sangat besar.

Setelah itu ada 2 buah piring besar yang berisi daging yang diiris tipis dan di tata sedemikian rupa secara bertumpuk.

Uniknya adalah, kita memasak sendiri shabu-shabunya. begitu piring daging sudah habis, pramusaji segera menghampiri kita dan menanyakan apakah kita mau menambah piring daging tersebut? tidak tahu, mungkin karena lapar atau aji numpung makan all you can eat, kami memesan daging itu sampai 5 x 2 piring besar itu........ Sedangkan untuk sayuran.... tidak menambah sedikitpun...

Cara memakannya adalah setelah daging, sayuran masak dan matang, masukkan ke mangkok besar yang berisi kuah. kemudian kita mengambilnya ke mangkok nasi dan memakannya.

Satu lagi yang unik, untuk menu all you can eat ini diberi rempeyek....(??)

Untuk minumannya, kami memesan minuman yang standart yakni Ocha dingin

Satu yang saya salut dari YAKOYA ini, adalah kesigapan dan kecepatan dari para pramusajinya. begitu gelas kosong, mereka segera datang mengisinya. Salut akan kesigapan mereka smile

Sepertinya sekian dari YAKOYA Jl Sultan Iskandar Muda.
Salam

You Might Also Like

0 Comment: