Mas Miskun

MAS MISKUN - JL. PERCETAKAN NEGARA

10/27/2011 Soya Yanagawa 0 Comments

Jika anda sedang bermain-main di daerah Salemba dan perut keroncongan, silahkan mampir ke Nasi Uduk dan Ayam Goreng MAS MISKUN.

Restoran yang mempunyai slogan "Rasa Restoran Harga Kaki Lima" sudah memulai masakannya pada tahun 1989. Berawal dari sebuah gerobak dorong Bapak Haji Amir dan isterinya Aminah, mengembangkan masakan nasi uduknya menjadi restoran yang kini sudah tersebar di berbagai tempat di Jakarta.

Sebenarnya ada hal cukup menarik dan bisa kita ambil contoh dari sejarah rumah makan MAS MISKUN ini. Memang, proses dari sebuah gerobak menjadi restoran yang tersebar di berbagai tempat ini cukup panjang. Tetapi, proses dari gerobak menjadi warung tenda lalu restoran berawal dari penggusuran pemerintah. Bpl H. Amir dan isterinya Ibu Aminah berpikir bahwa ketidakberuntungannya adalah sebuah keberuntungan yang sedang menyamar. smile Karena penggusuran tersebutlah beliau mendapatkan kesempatan untuk menyewa tempat permanen.

Sepertinya sekian untuk sejarah MAS MISKUN ini. Mari kita lihat seperti apa sih restoran ini?

Restoran ini terdiri dari 2 bagian, yakni dalam rumah atau di halaman. Jika anda memilih bagian dalam anda akan ditemani dengan lampu kuno cantik yang tergatung di langit-langit. Kemudian di dinding terlihat bingkai bingkai foto berisi kliping dan foto-foto keluarga Bpk. H Amir yakni Ibu Aminah dan anaknya serta artis-artis ibukota yang pernah mampir di tempat ini.

Untuk bagian luar, meja-meja kayu tersebar rapih diantara mainan-mainan taman untuk anak-anak. Uniknya, walau terlihat kuno dan lama, pada setiap meja terdapat colokan listrik untuk anda yang mau membuka notebook anda atau mau men-charge telepon genggam anda.

Oh iya, tempat ini tidak disediakan AC. Tetapi karena jendela-jendela dibuka sangat lebar, alhasil sirkulasi udara membuat tempat ini lebih sejuk. Jika anda memakan di sini, akan ditemani dengan suasana seperti pinggiran kota dan suara kereta api yang lewat dan alunan lagu daerah.

Keunikan dari MAS MISKUN ini, terdapat beberapa stand yang berisi makanan pedamping untuk nasi uduk dan ayam gorengnya seperti:

Stand khusus SAMBAL! RUmah makan MAS MISKUN ini menyediakan berbagai macam sambal. Ada sambal terasi, sambal tomat, sambal oncom, sambal tauge dan lainnya. Kemudian ada berbagai macam pepes yang terpampang seperti pepes ikan mas, pepes oncom, pepes jamur, pepes telur ikan, pepes tahu dan lainnya.

Pengemasan standnya juga dikemas dengan cantik. Jadi membuat orang merasa ingin mencoba semuanya. Selain itu, untuk pengunjung yang bersantap di tempat, dapat mengambil sambal dan lalapan sepuasnya. lol

Untuk nasi uduknya:

kami memesan Nasi Uduk Ayam Goreng
Memang untuk ukuran nasi uduknya sangatlah sedikit. Tetapi, dalam satu porsi juga terdapat 2 buah tahu, 2 buah tempe, ayam goreng, daun kemangi, timun dan kol. Makanan disajikan ketika masih panas, jadi terasa sangat lezat dan gurih.

Untuk Nasi Uduknya, MAS MISKUN memang sudah terkenal dengan kegurihannya. Ayam gorenyapun juga terkenal akan empuk di dalam dan garing di luar. ditemani dengan tempe goreng dan tahu goreng yang masih mengepul, membuat makan menjadi sangat nikmat.

Ternyata..... walau porsi nasi uduknya sedikit, kita yang memakannya juga cukup kekenyangan. Tetapi jika anda masih merasa kurang, anda bisa memesan nasi uduknya saja untuk menambah lol

Sedangkan untuk minumannya kita memesan:

Jeruk hangat, Jus belimbing dan es teh tawar.
Selain itu, MAS MISKUN juga menyediakan jus dan es-es lainnya. Perlu diketahui, buah untuk Jus-nya juga menggunakan buah segar.

Ketika malam datang, suara lagu yang melantunkan lagu-lagu daerah dihentikan dan di ganti dengan alunan lagu dari live band.

Cukup menyenangkan, sampai-sampai teman saya bangkit berdiri untuk bernyanyi beberapa lagu lol

Oh, untuk masalah harga, MAS MISKUN sangatlah murah. jadi benar slogan dari MAS MISKUN itu, yakni "Rasa Restoran Harga Kaki Lima"

Sekian liputan saya dari Rumah Makan Nasi Uduk dan Ayam Goreng MAS MISKUN di Jl. Percetakan Negara.

Salam

You Might Also Like

0 Comment: