Dapur Mbokku

DAPUR MBOKKU - KELAPA GADING BOULEVARD

10/27/2011 Soya Yanagawa 0 Comments

Jika anda jalan lurus di Jl. Boulevard Raya - Kelapa Gading, jika anda melihat ke sebelah kiri (stelah lampu merah Mall Kelapa Gading) akan ada Dapur Mbok'ku.

Tepat di bawah papan nama Dapur Mbok'ku terpasang sebuah banner bertuliskan Cwie Mie Terenak di Jakarta. Karena rasa penasaran itulah saya bersepakat untuk mencoba masakan khas Malang ini.

Ada yang perlu kita perhatikan begitu kita masuk ke dalam, kita akan disapa oleh para pramusaji dengan ucapan "monggo". Suasana hangat dan kekeluargaan langsung terasa di tempat ini. Oleh sebab itu coba kita renungkan, dengan satu ucapan "salam" kita bisa membuat seseorang merasa nyaman dan senang.

Dekorasi di Dapur Mbok'ku ini cukup sederhana.

Dinding disekitar maja makan diletakkan bingkai-bingkai foto yang berisikan artikel-artikel mengenai masakan Jawa. Kemudian pada bagian kasir, terdapat bingkai-bingkai Kanfas (mungkin) yang bertuliskan kesan-kesan dari tim-tim liputan tv yang mampir ke Dapur Mbok'ku.

Pada pembatas area makan dan kasir, diletakkan berbagai macam kerupuk. Ada kerupuk udang, Kerupuk ikan, rempeyek dan lainnya.

Ada sesuatu yang unik dan berbeda dari restoran lain. Buku menu dari Dapur Mbok'ku ini dikemas dalam bentuk buletin.

Jadi kalau kita perhatikan, sebenarnya artikel-artikel di dinding itu berasal dari buku menu-nya. Menu-nya dikemas seperti itu, dengan harapan, setelah kita memesan makanannya, kita bisa menunggu sembari membaca-artikel-artikelnya.

Karena penasaran akan Cwie Mie yang paling enak di Jakarta, saya dan teman-teman penasaran untuk mencoba Cwie Mie tersebut.

Sebenarnya apa sih yang membedakan Cwie Mie dengan mie ayam lainnya?
Cwie Mie ini adalah "saduran" dari mie ayam di daerah Malang. Kenapa disebut saduran, karena sebenarnya pada intinya bahan yang dipakai untuk Cwie Mie ini adalah sama dengan mie ayam pada umumnya, yang membedakan adalah pengemasannya. Cwie mie menggunakan selada sebagai sayur dan garnishnya, menggunakan acar sebagai pelengkap dan yang paling terlihat adalah ayamnya yang dihancurkan (disuir).

Cwie Mie di Dapur Mbok'ku juga mempunyai beberapa selera pilihan, ada pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso. Uniknya, Dapur Mbok'ku bisa memberikan tambahan daging ayam suir, cukup dengan menambah 5000 rupiah.

Pada kali ini saya memesan Cwie Mie Bakso. Mungkin, karena saya sudah pernah merasakan Cwie Mie Malang yang di Malang... jadi ketika memakan cwie mie-nya, terasa biasa. Mie-nya agak kering, dan kaldunya kurang terasa. Tetapi yang paling mengecewakan adalah bakso yang dipakai. Baksonya kecil dan pucat, kemudian ketika di gigit... yang terasa adalah tepung.

Jujur ketika memakan Cwie Mie yang dikatakan paling enak di Jakarta, saya agak kecewa. Tapi bisa saja, selera orang berbeda-beda, hanya menurut saya, walaupun aslinya di Malang, saya masih bisa memakan Cwie Mie yang lebih enak di tempat lain dan masih berada di lingkungan jakarta. Saya memberi nilai Cwie Mie ini 4,5/10 (maaf... tapi karena baksonya yang sangat tidak enak dan sudah terlalu kecewa akan nama "Cwie Mie Paling enak" saya hanya memberi nilai seperitu itu)

Kemudian selain Cwie Mie, mereka juga menyediakan masakan khas malang lainnya yakni Tahu Telor

Tahu telor Dapur Mbok'ku juga menggunakan petis untuk bumbunya. Petis adalah fermentasi udang yang khas sekali baunya. Mungkin untuk beberapa orang yang tidak menyukai bau yang menyengat, mungkin agak kurang menggemari masakan ini.

Tahu telor Dapur Mbok'ku bagi saya juga mempunyai rasa yang biasa. Tetapi, itu juga saya rasa karena saya sudah pernah merasakan tahu telor di malang yang jauh lebih enak. Jika anda kangen dengan masakan Malang, menu ini bisa menjadi salah satu pilihan. Saya beri nilai Tahu Telor ini 6/10

Untuk minuman, kami memesan es teh tawar dan Es Juragan

Es Juragan adalah Es Jeruk ditambah dengan degan (Kelapa muda). Jadi, rasa manis dari jeruk dan kegurihan dari kelapanya membuat minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan kegerahan dan dahaga di ibukota ini.
Saya beri nilai 7/10

Mungkin nilai yang saya berikan untuk Cwie Mie-nya cukup sedikit, tetapi saya kecewa dengan "title" yang diberikan tidak sepandan dengan rasanya. Terutama bakso-nya....

You Might Also Like

0 Comment: