Bandung,

BANDOENGSCHE MELK CENTRALE (BMC) - JL. ACEH

10/27/2011 Soya Yanagawa 1 Comments

Jika anda sedang berada di Bandung, jangan ragu untuk mampir ke BMC - Bandoengsche Melk Centrale yang berada di Jalan Aceh ini. Lokasinya tepat di belakang Masjid di balai kota Bandung.

Konon, gedung BMC ini sudah berdiri dari tahun 1935. Tapi, bangunan ini tetap kokoh berdiri dan tidak terlihat sebagai bangunan tua.

BMC ini sebenarnya didirikan oleh belanda sebagai pusat pengolahan susu di Bandung (Biasanya berasal dari daerah Pengalengan Bandung). Singkat cerita, setelah merdeka BMC kepemilikannya berpindah ke Departemen Perternakan, terus menjadi sebuah PT yang bergerak dalam bidang industri makanan dan minuman di tahun 2001. JADI, berkembanglahBMC dari hanya pengolahan susu menjadi restoran seperti sekarang.

Sebenarnya BMC terkenal akan susu kemasannya. Tetapi semenjak tahun 2001 itulah orang semakin tahu bahwa BMC tempat yang menyediakan yoghurt. Kemudian, gedung BMC yang berada di Jl. Aceh itu menjadi tempat nongkrong yang nyaman. Selain menyediakan susu, yoghurt dan kefir (fermentasi dari yoghurt yang sudah jelas uaaaasssaaaaammmm banget), BMC juga menyediakan makanan-makanan lainnya seperti nasi liwet, bubur, steak dan berbagai makanan lainnya.

Karena gedung lama, alhasil langit-langit dari BMC ini sangatlah tinggi. jadi walau tidak menggunakan AC, anda tidak akan perlu takut kepanasan. Kemudian, terdapat kolam kecil di tengah-tengah restoran ini yang membuat suasana menjadi semakin nyaman.

Dinding-dinding BMC ini dipasang foto-foto makanan. tetapi ada satu gambar yang menarik perhatian saya yakni foto gedung BMC tempo dulu. Jika anda bandingkan dengan yang sekarang, tidak jauh berbeda lol.

Pelayanan di BMC ini juga bisa dibilang cukup cekatan. begitu kita masuk dan memilih tempat duduk, pramusaji segera menghampiri kita dan memberikan kita sebuntel menu yang terlihat eksklusif.

Setelah memesan pesanan kami, tiba-tiba datanglah seorang pramusaji yang memberikan otak-otak dan sambal kacangnya. EITTSSS jangan salah, itu bukan "complimentary". Jika anda memakannya, akan dikenakan biaya lol

Tak selang beberapa lama, datanglah pesanan kami. Yakni:

YOGHURT SHAKE - Rasa GRAPE
Karena saya sedang kelelahan, sepertinya minuman ini memberikan semua kebutuhan saya. Rasanya tidak terlalu asam, karena Shake Yoghurt ini adalah hasil penggabungan yoghurt dengan es krim vanila. Ditambah dengan sirup anggur, dan satu scoop es krim vanila, rasa asam dan manisnya sangat pas bagi anda yang sedang tidak mau meminum yang asam-asam seperti kefir.

Sirup anggurnya juga enak, rasa anggurnya sangat terasa. Kelelahanku langsung hilang ketika menghabiskan es krim vanila-nya lol

Nilai: 7/10

YOGHURT WITH COCKTAIL - LECI
Sobat saya memesan Yoghurt cocktail dengan sirup leci. Uniknya, yoghurt itu diberi beberapa buah leci yang sangat manis. Walau warna sirupnya itu hijau banget, tetapi begitu mencobanya.... rasanya sangat menyegarkan! Karena sirup dan buah itu rasa Yoghurt yang asam itupun menjadi sangat menyegarkan untuk dinikmati jika anda sedang kelelahan.

Nilai: 7/10

Karena kami sudah kekenyangan, karena seharian hanya makan... jadi kita memesan cemilan

BITTER BALLEN
Bitter ballen dari BMC cukup gurih dan menghibur anda jika anda sedang tidak ingin makan yang berat-berat. Satu porsi dari bitter ballen ini berisi 4 buah.

Nilai: 6/10

Sebenarnya, kami singgah ke sini karena udara di luar sangatlah panas. Kami menghabiskan waktu guna menunggu matahari sudah tidak terlalu terik bersinar. Tidak terasa, kami menghabiskan waktu di tempat ini hampir 2 jam lamanya. smile

Seteah sudah sore, kami bangkit berdiri dan menuju tempat yang lain.

Sekian review saya dari BMC Jl. Aceh ini

Salam

You Might Also Like

1 comment:

  1. menarik ya. nanti ah kalo ke bdg lg, cari tempat ini :) thanks soya for the nice review.

    ReplyDelete