poke sushi

POKE SUSHI - GATOT SUBROTO

9/22/2011 Soya Yanagawa 0 Comments

Aduh.... pas mau bikin review minder dengan foto2 yang diambil oleh openricer sebelumnya di poke sushi ini....... beliau menggunakan kamera DSLR, sedangkan aku hanya...... camera HP.... Tapi, bukan berarti tidak jadi mereviewnya......

Sebenarnya.... Dahulu aku bingung kenapa dikasih nama poke sushi..... arti poke dalam bahasa jepang apa yah??? ternyata Poke yang dimaksud berasal dari bahasa inggris... yang berarti menepuk menggunakan jari...... memang cara pembuatan sushi itu dengan menepuk-nepukan nasi yang sudah diberi cuka, garam dan gula di bawah neta atau lauk berupa makanan laut, daging atau sayuran baik yang matang maupun yang masih mentah. Memang, tidak semua orang Indonesia menggemari makanan ini. Mungkin karena kita besar di tempat yang penuh dengan bumbu dan aneka makanan yang "dimasak"

Tetapi jangan salah! Bukan berarti orang yang tidak suka dengan sushi tidak boleh datang ke tempat ini. Karena makanan yang disediakan beraneka macam. seperti donburi (nasi yang ditaruh di mangkok besar dan ditaruh lauk di atasnya sampai menutupi nasi tersebut), atau lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kami ber-4 datang menuju Crowne Plaza dan segera naik ke lantai 3 untuk menuju POKE SUSHI. Suasana restoran itu sangat menyenangkan. Begitu anda masuk, anda akan melihat mini bar di sebelah kiri, dan sushi bar di bagian dalam. Pada bagian kanan terdapat ruangan tatami (lesehan) dan di tengah ruangan tersebut tersebar meja-meja yang rapih dan sudah menunggu kedatangan anda.

Ternyata! jika anda datang bersama teman-teman anda, anda harus mempunyai grup yang solid. Maksudnya, jika anda datang bersama dengan teman-teman anda, harus menentukan apakah anda akan makan ala carte atau all you can eat. karena tidak bisa hanya seorang yang makan ala carte atau sebagian saja yang makan all you can eat.

Karena minoritas.... jadi kami makan yang ala carte... (hanya saya yang mau makan sepuasnya).


Berikut pesanan-pesanan kami:

 Salmon Salad (8/10)


Jika anda penggemar salmon mentah, JANGAN SEKALI-KALI ANDA MELUPAKAN MENU INI!! Karena, Salmon Salad ini adalah makanan yang paling enak di Poke Sushi ini.

Salmon salad ini tertata begitu cantik dan indah ketika di hidangkan. Potongan-potongan salmonnya di tata di atas irisan kyuri (timun jepang) kemudian diolesi mayonaise yang gurih di sekelilingnya..... Awalnya mungkin anda terkejut dengan porsinya.... tetapi jangan salah! Salmon-salmon dengan potongan gemuk-gemuk itu banyak sekali!!

Karena kesegaran salmon dicampur dengar mayo-nya memberikan sensasi yang beda dengan biasanya. Inilah menu yang WAJIB dipesan jika anda datang ke Poke Sushi

Salmon Sashimi (8/10)


Dua dari empat orang di grup saya adalah salmon freak. Oleh karena itu, jangan lupa memesan Salmon Sashiminya! Walau hanya terdiri dari 6 slice Salmon, tetapi potongannya besar-besar. membuat anda akan puas jika memakannya.


 Dynamite roll (8/10)


Poke Sushi juga terkenal akan "dynamite"nya. Berupa oyster yang di masak dengan telur (mungkin) kemudian disiram mayo dan bumbu khasnya. Oleh karena itu kami memesan dynamite roll-nya. rasa gurih, manis dan asin semuanya terbaur dan menghasilkan rasa yang "romantis" (kata temanku rasanya romantis, karena itulah kami mulai menciptakan pembendaharaan rasa-rasa baru dalam masakan)

Selagi membahas sushi dan sashimi ada baiknya saya memberitahu bagaimana cara memakan sushi dan sashiminya. Biasanya, untuk sushi orang-orang jepang menggunakan jari untuk memakannya. Namun, karena sekarang sudah muncul banyak fushion sushi dan masalah higienis-nya, disediakanlah sumpit. Setelah mengambilnya, celupkanlah ujung sushi atau sashimi anda pada soyu yang sudah di campur dengan wasabi (menurut selera). Kemudian inilah saat yang ditunggu-tunggu..... anda harus memakannya dalam satu kali suap! 

tetapi..... cara makan di atas layaknya table manner.... jika anda puas dengan memakan seperti yang anda biasa lakukan.... tidak mengapa!

 Grilled Salmon (7/10)


Karena aku salah satu dari Salmon Freak dalam grup ini, jadi saya memesan grilled salmonnya. Dalam satu set grilled salmon, anda akan mendapatkan salad, 3 buah kroket nasi, salmon bakar dalam satu buah piring besar dan semangkuk miso panas.

Salmon memang enak diapain saja... walau hanya di bakar... rasa salmon yang khas sangat menggiurkan. kemudian jika anda menambahkan soyu.... akan rasanya akan menjadi "liar".

Saladnya juga enak sekali. Karena salad itu menggunakan cuka dan mayo sebagai topingnya

Untuk kroketnya....... saya rasa agak aneh makhluk itu berada di sana.... tetapi begitu di makan, ternyata kroket itu sangat lembut dan enak dimakan.

Sup Miso yang diberikan juga tidak kalah menarik. sea weed nya cukup banyak dan kuahnya sangat terasa. 

 Chicken Katsu (6/10) 


untuk Chicken katsu set yang dipesan temanku, terdiri dari sebuah mangkok besar nasi putih, sepiring chicken katsu, semangkuk sup dan piring kecil "saos"

walau aku bukan penggemar ayam.... chicken katsunya empuk dan gurih... tetapi jika dikombiasikan dengan sausnya yang gurih itu (kayak pake kecap buldog) terasa pesta di mulut.

Sup pendampingnya berisi bawang bombay, telur dan sayuran yang ditambah dengan mirin dan soyu. rasanya gurih dan membuat pesta di mulut semakin meriah.

 Green Tea Ice Cream (7/10)


It is time to desert! Sayang sekali es krim yang ada mochinya dan tempura ice cream juga sedang habis.... jadinya kami memesan Green tea Ice cream. 

Pertama kali datang, ice cream tersebut langsung menarik perhatian. Karena warna hijaunya sangat tua dan unik. Begitu di coba, rasa teh hijau atau macca nya sangat terasa. temanku menambahkan kata "eksotis" dalam rasanya. 

 Ogura Ice Cream (6/10)


Ice cream oguranya juga menarik perhatian. warnanya putih tetapi kemerah-merahan. ada potongan-potongan halus kacang perah di dalamnya... Namun, kata temanku..... rasanya "aman"

 Ice Cream yang ada potongan buah di bawahnya (7/10) 


Saya lupa namanya, tetapi saya memilih ini karena ada potongan apel, melon dan jeruk di bawah es krim vanila. Rasa manis dari es krim vanilanya di gabung dengan potongan buah segar dan sari jeruk yang asam... memberikan kesegaran tersendiri dalam mulut. 

 Ocha dan Ocha dingin (8/10)
Karena kami ingin berlama-lama di sana, jadi kami memesan yang free refill yakni ocha dan ocha dingin. Perlu di ketahui, sebenarnya ocha dingin itu hanya ada di Indonesia. karena, mungkin karena iklim tropis kita mengharuskan adanya minuman dingin yang menyegarkan. Oleh karena itu diadakanlah ocha dingin.

________________________________________________________________

memang dalam acara makan ini aku menambahkan rasa-rasa yang baru seperti romantis, eksotis, aman, pesta dll Karena itu adalah kata-kata yang kami serukan ketika menikmati santapan-santapan tersebut. Tetapi, itu yang membuat suasana makan sangat menyenangkan. Karena ada topik yang kita bahas dan kita cari tahu kebenarannya.

Walau puas dan menikmati makan malam kami, sepertinya suatu saat aku akan datang ke sana sendiri dan makan all you can eatnya sendiri juga!!!! hehehe.....

You Might Also Like

0 Comment: